Rahmani, Dini (2023) Penerapan flipped classroom berbasis socio-scientific issue pada materi minyak bumi untuk meningkatkan berpikir tingkat tinggi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (548kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf Download (535kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (935kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (694kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) | Request a copy |
Abstract
Flipped classroom merupakan metode pembelajaran yang dapat digunakan pada era saat ini yang mengolaborasikan antara pembelajaran modern. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, mendeskripsikan kinerja siswa, serta menganalisis peningkatan kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa dalam penerapan flipped classroom berbasis socio scientific issue. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan tipe one- group pretest posttest design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Karya Pembangunan 2 Kota Bandung dengan jumlah 19 orang dengan instrumen yang digunakan berupa deskripsi pembelajaran, lembar observasi, lembar kerja siswa (LKS), serta perangkat tes untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Data diperoleh dari hasil observasi pada kegiatan pembelajaran dan pemberian skor pada soal pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa secara keseluruhan mencapai 91% dengan interpretasi sangat baik. Nilai rata-rata kinerja siswa pada semua tahapan pembelajaran dengan menerapkan flipped classroom melalui pendekatan socio scientific issue sebesar 80 dengan interpretasi sangat baik. Nilai rata- rata tertinggi yang dicapai yaitu pada tahap pengembangan masalah dengan nilai 88 dan interpretasi sangat baik. Nilai rata-rata terendah pada tahap penyajian masalah yaitu 67 dengan interpretasi baik. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa setelah pembelajaran flipped classroom melalui pendekatan saintifik mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain sebesar 0.76 yang termasuk ke dalam kategori tinggi. Kelompok prestasi tinggi, sedang dan rendah berturut-turut memperoleh nilai N-Gain 0.80; 0.71; dan 0.68, dengan kategori tinggi kecuali kelas rendah berkategori sedang. Sehingga penerapan flipped classroom pada berbasis socio scientific issue materi minyak bumi dapat memberikan peningkatan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Kata kunci : flipped classroom, kemampuan berpikir tingkat tinggi, minyak bumi, socio scientific issue
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | flipped classroom; kemampuan berpikir tingkat tinggi; minyak bumi; socio scientific issue. |
Subjects: | Education, Research Analysis, Theory of Functions Analytical Chemistry Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Dini Rahmani |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 03:26 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 03:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69178 |
Actions (login required)
View Item |