Penerapan flipped classroom berbasis socio-scientific issue pada materi minyak bumi untuk meningkatkan berpikir tingkat tinggi

Rahmani, Dini (2023) Penerapan flipped classroom berbasis socio-scientific issue pada materi minyak bumi untuk meningkatkan berpikir tingkat tinggi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (535kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy

Abstract

Flipped classroom merupakan metode pembelajaran yang dapat digunakan pada era saat ini yang mengolaborasikan antara pembelajaran modern. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, mendeskripsikan kinerja siswa, serta menganalisis peningkatan kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa dalam penerapan flipped classroom berbasis socio scientific issue. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan tipe one- group pretest posttest design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Karya Pembangunan 2 Kota Bandung dengan jumlah 19 orang dengan instrumen yang digunakan berupa deskripsi pembelajaran, lembar observasi, lembar kerja siswa (LKS), serta perangkat tes untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Data diperoleh dari hasil observasi pada kegiatan pembelajaran dan pemberian skor pada soal pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa secara keseluruhan mencapai 91% dengan interpretasi sangat baik. Nilai rata-rata kinerja siswa pada semua tahapan pembelajaran dengan menerapkan flipped classroom melalui pendekatan socio scientific issue sebesar 80 dengan interpretasi sangat baik. Nilai rata- rata tertinggi yang dicapai yaitu pada tahap pengembangan masalah dengan nilai 88 dan interpretasi sangat baik. Nilai rata-rata terendah pada tahap penyajian masalah yaitu 67 dengan interpretasi baik. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa setelah pembelajaran flipped classroom melalui pendekatan saintifik mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain sebesar 0.76 yang termasuk ke dalam kategori tinggi. Kelompok prestasi tinggi, sedang dan rendah berturut-turut memperoleh nilai N-Gain 0.80; 0.71; dan 0.68, dengan kategori tinggi kecuali kelas rendah berkategori sedang. Sehingga penerapan flipped classroom pada berbasis socio scientific issue materi minyak bumi dapat memberikan peningkatan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Kata kunci : flipped classroom, kemampuan berpikir tingkat tinggi, minyak bumi, socio scientific issue

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: flipped classroom; kemampuan berpikir tingkat tinggi; minyak bumi; socio scientific issue.
Subjects: Education, Research
Analysis, Theory of Functions
Analytical Chemistry
Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Dini Rahmani
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:26
Last Modified: 12 Jun 2023 03:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69178

Actions (login required)

View Item View Item