“Peranan Pembimbing dalam Meningkatkan Hapalan Al-Qur’an Santri (Penelitian Di Pondok Pesantren Al Qur’an Al Falah 1 Cicalengka)”

Hijriyanti, Tri (2017) “Peranan Pembimbing dalam Meningkatkan Hapalan Al-Qur’an Santri (Penelitian Di Pondok Pesantren Al Qur’an Al Falah 1 Cicalengka)”. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_bab1.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text (BAB III)
5_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text (BAB IV)
6_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text (BAB IV)
6_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa menghapal Al-Qur’an merupakan hal yang tidak mudah. Dalam menyelesaikan hapalan 30 juz sangat membutuhkan usaha yang keras dan banyak sekali problematika yang dihadapi yang jika motivasi dan minat yang dimiliki oleh santri lemah maka problematika tersebut bisa menjadi faktor kegagalan dalam menghapal Al-Qur’an. Karenanya dibutuhkan sekali pembimbing yang bisa membantu untuk selalu memberi motivasi dan mengontrolnya secara terus menerus agar santri selalu menjaga hafalannya. Maka tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana peran dan usaha pembimbing untuk meningkatkan hasil hapalan Al-Qur’an santri pondok pesantren Al Qur’an Al-Falah 1 Cicalengka. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Informan peneliti ini adalah pembimbing dan empat orang santri yang menghapalkan Al-Qur’an Pondok Pesantren Al Qur’an Al-Falah 1 Cicalengka. Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh setelah melakukan penelitian ini adalah sebagai pembimbing, usaha yang dilakukan yaitu: membantu santri ketika kesulitan dalam menyetorkan hapalan Al Qur’an, memperhatikan problem yang dihadapi santri dalam menghapal Al-Qur’an, dan memberi saran. (2) Sebagai motivator, usaha yang dilakukan yaitu: mengadakan semaan, memberi wejangan-wejangan. (3) Sebagai Muwajjih (penerimaan setoran hapalan), usaha yang dilakukan yaitu: menentukan waktu khusus untuk setoran hapalan Al-Qur’an, menerapkan disiplin waktu dan mentasbihkan hapalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peranan Pembimbing, menghapal Al Qur’an, Pondok Pesantren Al Qur’an Al-Falah 1 Cicalengka.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 10:29
Last Modified: 03 Jul 2018 10:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6919

Actions (login required)

View Item View Item