Tinjauan prinsip-prinsip jual beli terhadap hukum Bai' bi al-Taqsith perbedaan harga antara kontan dan kredit : Analisis komparatif Yusuf al-Qardhawi dan Syeikh Muqbil al-Wadi'i

Hidayatulloh, Yusuf (2023) Tinjauan prinsip-prinsip jual beli terhadap hukum Bai' bi al-Taqsith perbedaan harga antara kontan dan kredit : Analisis komparatif Yusuf al-Qardhawi dan Syeikh Muqbil al-Wadi'i. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstak.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (653kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy

Abstract

Progresivitas perekonomian sangat signifikan dan perlu ada hukum yang jelas agar transaksi muamalah bisa sesuai hukum syari’at islam. Penulis menganalisis pendapat Yusuf Al-Qardhawi dan Syeikh Muqbil Al-Wadi’i mengenai Tinjauan Prinsip-Prinsip Jual Beli Terhadap Hukum Bai’ Bi Al-Taqsith Perbedaan Harga Antara Kontan Dan Kredit. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pendapat Yusuf Al-Qardhawi dan Syeikh Muqbil Al-Wadi’i tentang Bai’ Bi Al-Taqsith (2) Untuk mengetahui apa dalil dan metode istinbath hukum jual beli Bai’ Bi Al-Taqsith perbedaan harga kredit dan kontan menurut Yusuf Al-Qardhawi dan Syeikh Muqbil Al-Wadi’i (3) Untuk mengetahui persamaan dan perbedaan pendapat Yusuf Al-Qardhawi dan Syeikh Muqbil Al-Wadi’i terkait hukum jual beli Bai’ Bi Al-Taqsith perbedaan harga kredit dan kontan menurut kerangka pemikiran Asbabul Ikhtilaf, Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif analisis, melalui pendekatan studi komparatif, penulisan deduktif dan Teknik pengumpulan data yang digunakan (Library Research) meliputi data primer yakni kitab Al-Halal Wal Haram Fii Islam dan kitab Ijabatus Sail An-Ahammil Masail serta data sekunder berasal dari buku, jurnal, skripsi, artikel dan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan (1) Bahwa kedua ulama ini sepakat hukum asal jual beli adalah boleh (mubah) kecuali ada nash yang melarangnya (2) Dalil dan Metode Istinbath Hukum Yusuf AL-Qardawi menggunakan metode Ijtihad Intiqa’i dan Ijtihad Insya’i, Sedangkan Metode Istinbath Hukum Syeikh Muqbil Al-Wadi’I adalah jarh dan ta'dil. (3) Kedua Ulama ini memiliki Perbedaan pendapat hukum terkait jual beli beda harga antara kontan dan kredit. Yusuf AL-Qardawi membolehkan jual beli tersebut, sedangkan Syeikh Muqbil Mengharamkannya karena mendekati sifat riba nasi’ah (tambahan) harga. Demikian penelitian secara komprehensif mengenai Tinjauan Prinsip-Prinsip Jual Beli Terhadap Hukum Bai’ Bi Al-Taqsith Perbedaan Harga Antara Kontan dan Kredit Analisis Komparatif Yusuf Al-Qardhawi dan Syeikh Muqbil Al-Wadi’i.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jual dan Beli; Hukum Kredit; Metode Istinbath; Yusuf Al-Qardhawi; Syeikh Muqbil Al-Wadi’i
Subjects: Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Perbandingan Madzhab dan Hukum
Depositing User: Yusuf Hidayatulloh
Date Deposited: 12 Jun 2023 01:22
Last Modified: 12 Jun 2023 01:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69209

Actions (login required)

View Item View Item