Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan media Word Wall Game : Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas VII-A di SMP Al-Falah Dago Kota Bandung

Yumna, Sofiah Khaerani (2023) Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan media Word Wall Game : Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas VII-A di SMP Al-Falah Dago Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada saat pembelajaran pendidikan agama Islam. Karena efek dari Pandemi Corona (Covid-19), pembelajaran daring diterapkan di sekolah agar pembelajaran tetap berjalan. Jadi, guru harus kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Maka, dibutuhkan media pembelajaran yang memadai untuk digunakan selama pandemi, salah satunya adalah word wall game. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui motivasi belajar siswa sebelum menggunakan media word wall game pada pembelajaran PAI di SMP Al-falah kelas VII-A, (2) mengetahui proses pembelajaran PAI dengan menggunakan media word wall game di SMP Al-falah kelas VII-A, dan (3) mengetahui motivasi belajar siswa setelah menggunakan media word wall game pada pembelajaran PAI di SMP Al-falah kelas VII-A. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai November 2022 pada semester ganjil di SMP A-Falah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun metode yang digunakan adalah metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan dua siklus yang terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) motivasi belajar siswa sebelum menggunakan word wall game cenderung rendah dengan perolehan pada angket sebesar 32,6% (rendah). (2) Proses pembelajaran PAI dengan menggunakan media word wall game telah terlaksana dengan sangat baik, hal ini dapat diamati dari hasil observasi kegiatan belajar mengajar (KBM) pada setiap siklusnya dengan pelaksanaan pembelajaran PAI yang lebih baik dan interaktif. Pada siklus I diperoleh persentase 87,5% dengan kategori “sangat baik”, dan diakhiri pada siklus II dengan perolehan persentase 92,75% dengan kategori “sangat baik”. Walaupun interpretasi persentase rata - ratanya sama, terjadi peningkatan rata-rata persentase sebesar 5%. (3) Adapun motivasi belajar siswa setelah menggunakan media word wall game mengalami peningkatan. Hal ini dinyatakan dengan perolehan persetase rata-rata pada angket sebesar 80% yang diinterpretasikan dengan kategori “tinggi”. Selain itu, Terdapat kenaikan rasio dari perolehan rata-rata persentase pada siklus I dan siklus II sebesar 15,75%. Maka, dapat disimpulkan bahwa media word wall game dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII-A dalam pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Siswa; Pembelajaran PAI; Media Word Wall Game
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sofiah Khaerani Yumna
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:01
Last Modified: 13 Jun 2023 04:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69246

Actions (login required)

View Item View Item