Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap pelaksanaan Peraturan Daerah nomor 11 tahun 2010 tentang Pelarangan, Pengawasan dan Pengendalian Minuman Beralkohol di Kota Bandung

Romandona, Arjuna Surya (2023) Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap pelaksanaan Peraturan Daerah nomor 11 tahun 2010 tentang Pelarangan, Pengawasan dan Pengendalian Minuman Beralkohol di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)

Abstract

Kota Bandung merupakan kota dengan penduduk terpadat ke-2 di Indonesia. Sebelum adanya Perda, peredaran minuman beralkohol memiliki potensi besar untuk dilakukan karena tidak ada aturan yang melarang mengenai minuman beralkohol. Melihat hal tersebut dibuatnya Perda Kota Bandung Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Pengaturan Pelarangan, Pengawasan Dan Pengendalian Minuman Beralkohol, Diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi persoalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 11 Tahun 2010 dengan fokus pembahasan pada pelaksanaan izin tempat minuman beralkohol di Kota Bandung, serta untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan dalam pelaksanaan perda tersebut, serta mengetahui tinjauan siyasah dusturiyah terkait pelaksanaan perda izin tempat penjualan minuman beralkohol. Dalam penelitian ini peneliti mengambil beberapa teori. yaitu: teori legislasi peraturan daerah, teori pelaksanaan, dan teori kemaslahatan dalam siyasah dusturiyah Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kemudian disajikan secara kualitatif, yaitu dengan mengurai, menjelaskan, dan menggambarkan sesuai dengan permasalahan yang erat kaitannya dengan penelitian ini. Sumber data primer diperoleh dari hasil wanwancara dan observasi. Kemudian untuk sumber data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, skripsi, tesis, internet dan dokumen lainya yang berkaitan dengan objek penelitian. Dengan teknik pengumpulan data berupa survei, tanya jawab dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peraturan Daerah tersebut lahir dikarenakan adanya keresahan masyarakat serta dampak negatif yang timbul dari minuman beralkohol. Pelaksanaan Perda yang mengatur pelarangan, pengawasan dan pengendalian minuman beralkohol di Kota Bandung seharusnya dapat mengurangi pelanggaran-pelanggaran yang terjadi dari konsumsi minuman beralkohol. Dengan adanya pengaturan mengenai pendaftaran dan penerbitan izin bagi usaha minuman beralkohol membuat pengusaha dapat berjualan minuman beralkohol apabila diberikan izin sesuai dengan peraturan yang berlaku. Selain itu dengan adanya kerjasama Pemerintah Kota Bandung, penegak hukum serta masyarakat membuat Perda Kota Bandung Nomor 11 Tahun 2010 berjalan dengan baik dan menciptakan lingkungan Kota Bandung yang tertib dan aman dari efek-efek negatif yang dapat dipicu dari minuman beralkohol. Tinjauan Siyasah Dusturiyah memandang bahwa “menghilangkan kemudaratan harus lebih diutamakan dari pada mengambil kemanfaatannya”, karena menjunjung tinggi kemaslahatan umat merupakan tujuan dari Siyasah Dusturiyah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Minuman Beralkohol;Siyasah Dusturiyah
Subjects: Constitutional and Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Arjuna Surya Romandona
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:40
Last Modified: 13 Jun 2023 06:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69250

Actions (login required)

View Item View Item