Sistem perhitungan Inventory barang untuk Minimarket menggunakan konveyor berbasis Internet of Things

Misbahuddin, Fikri Alwi (2023) Sistem perhitungan Inventory barang untuk Minimarket menggunakan konveyor berbasis Internet of Things. Sarjana thesis, sains dan teknologi.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_AbstrakIndonesia.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy

Abstract

Dalam dunia industri barang konsumsi dan non-konsumsi pada saat ini khususnya untuk minimarket di butuhkan peralatan yang dapat bekerja secara otomatis untuk meningkatkan produksi secara efektif dan efisien guna menjalankan produksinya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah sistem perhitungan inventory barang untuk minimarket menggunkan konveyor berbasis Internet of Things (Telegram). Kelebihan memonitoring konveyor ini adalah menghemat tenaga manusia dan dapat dikontrol pada jarak jauh, salah satu alternatif yang dapat bekerja secara otomatis yaitu penyortiran barang berdasarkan jenis khususnya barang konsumsi dan non-konsumsi yang di scan melalui bacrcodenya. Penyortiran berat barang menggunakan sensor loadcell, yang nantinya akan diprogram ≤100 gram dan >100 gram. Penyortiran jumlah barang menggunakan sensor proximity infrared, apabila ada barang bernilai 1, apabila tidak ada barang bernilai 0. Penelitian ini menggunakan Arduino Mega dan ESP32 yang harus diprogram terlebih dahulu sebelum dioperasikan. Program Arduino Mega dan ESP32 dengan menggunakan aplikasi Arduino IDE. Dalam penelitian ini komponen utama perintah masukan Arduino Mega sebagai fungsi program adalah menyambungkan ke tegangan 5V, keluaran yang digunakan untuk perintah bagi masukan Arduino Mega adalah relay sebagai fungsi kerja motor DC beserta dimmer, sensor scanner sebagai fungsi membedakan jenis barang dan mengeksekusi motor servo 1, apabila jenis barang konsumsi maka sensor tidak bergerak, apabila jenis barang non-konsumsi maka sensor bergerak. Scanner GM66 berhasil mendeteksi barcode secara akurat 100%, karena telah diprogram terlebih dahulu. Sensor loadcell berfungsi sebagai membedakan berat barang dan mengeksekusi motor servo 2 dan 3, apabila berat barang ≤100 gram maka motor servo 2 dan 3 akan bergerak, apabila berat barang >100 gram maka motor servo 2 dan 3 tidak bergerak. Hasil pengujian sensor loadcell memiliki rata-rata nilai error 0,43%, 0,38%, 0,33% dan 0,44%, jika semua pengujian dirata-rata kan memiliki tingkat kesalahan atau nilai error sebesar 0,39%, sehingga memiliki keberhasilan 99,61% yang artinya tingkat akurasi pengukuran sensor loadcell dengan timbangan digital hampir mendekati akurat. Sensor proximity infrared berfungsi sebagai menghitung jumlah barang 1 sampai 10. Penelitian ini terdiri dari empat pengujian yaitu pengujian loadcell, pengujian scanner GM66, pengujian pengiriman jenis barang, berat barang dan jumlah barang ke Telegram. Pengujian keempat tersebut menghasilkan bahwa sistem ini mampu menyorotir barang secara efisien.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konveyor; Arduino Mega; Arduino IDE; ESP32; Scanner GM66; Loadcell; Proximity Infrared; Motor DC; Telegram
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro
Depositing User: Fikri Alwi Misbahuddin
Date Deposited: 22 Jun 2023 08:04
Last Modified: 22 Jun 2023 08:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69260

Actions (login required)

View Item View Item