Personal Branding Muhammad Shohibul Fikri di media sosial Instagram : Analisis deskriptif kualitatif pada akun Instagram @shohibulfikri

Al-Fiqri, Muhammad Rivan (2023) Personal Branding Muhammad Shohibul Fikri di media sosial Instagram : Analisis deskriptif kualitatif pada akun Instagram @shohibulfikri. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy

Abstract

Personal branding terkait bagaimana individu ingin dilihat dan dikenal oleh masyarakat. Personal branding dapat mencakup keahlian, pekerjaan, rutinitas dan lain sebagainya yang mana akan memudahkan dikenalnya seseorang karena memiliki ciri khas tersendiri. Penilaian yang tergambar dari pemikiran orang lain akan muncul sesuai dengan apa yang ia perlihatkan. Personal branding dapat dilakukan siappun, tak terkecuali seorang atlet. Atlet bulu tangkis di era sekarang pekerjaannya sudah bukan hanya bermain bagus dan menjadi juara namun juga bisa mencari penghasilan lain melalui sponsor, iklan, endorse dan lain sebagainya yang bisa dilakukan melalui sosial media, salah satunya adalah Instagram. Salah satu atlet bulu tangkis yang terkenal adalah Muhammad Shohibul Fikri, pemuda berusia 22 tahun asal Bandung yang memiliki akun media sosial Instagram @shohibulfikri dengan 167 ribu pengikut. Ia membangun personal branding dengan membagikan kiriman melalui akun instagramnya. Kiriman yang dibagikan berupa atktivitas bermain bulu tangkis, prestasi, dedikasi, serta keluarga. Penguatan personal branding perlu dilakukan mengingat semakin pesatnya pesaingan dewasa ini, Shohibul Fikri sebagai tokoh publik memasarkan dirinya dengan menonjolkan jati diri sesungguhnya dan mengedepankan prestasi.Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk mengetahui langkah pembentukan personal branding Shohibul Fikri melalui Instagram @shohibulfikri. Model Authentic Personal Branding digunakan Shohibul Fikri dalam membangun branding dirinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi secara deskriptif dan menggunakan paradigma konstruktivistik dengan dibantu data primer dan sekunder serta teknik pengumpulan data melalui wawancara tidak terstruktur dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya kegiatan personal branding yang dilakukan Shohibul Fikri mencakup empat langkah yakni tahap menampilkan keotentikan (Authenticity), tahap membentuk spesialisasi (Specialization), dan tahap menampilkan kegigihan (Persistence). Penelitian ini menghasilkan simpulan bahwasannya Shohibul Fikri memanfaatkan instagram untuk membagikan konten�konten yang mencerminkan dirinya sebagai atlet bulu tangkis muda yang berprestasi, gigih, dan professional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Personal Branding; Atlet; Shohibul Fikri
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Muhammad Rivan Al Fiqri
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:12
Last Modified: 13 Jun 2023 07:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69265

Actions (login required)

View Item View Item