Epistemologi tafsir Hadā’iq Al-Rauh Wa Al-Raihān Fi Rawābi ‘Ulum Al-Qur’ān karya Muhammad Al-Amin Al-Harari

Saepulloh, Liri (2022) Epistemologi tafsir Hadā’iq Al-Rauh Wa Al-Raihān Fi Rawābi ‘Ulum Al-Qur’ān karya Muhammad Al-Amin Al-Harari. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
artikel tugas skhir.pdf

Download (490kB) | Preview

Abstract

Muhammad al-Amin al-Harari merupakan mufassir di era modern-kontemporer yang berupaya melestarikan model penafsiran ittijah as-salafi yang digunakan oleh generasi mufassir dari kalangan salaf as-salih. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sisi epistemologi tafsir Hadā’iq Al-Rauh Wa Al-Raihān Fi Rawābi ‘Ulum Al-Qur’ān karya Muhammad al-Amin al-Harari. Kesimpulan yang dihasilkan mengungkapkan bahwa sumber penafsiran kitab tafsir tersebut berasal dari dua hulu penafsiran, yaitu: Pertama, bi al-Riwayah yang bersumber dari Al-Qur’ān, hadis, kitab-kitab tafsir klasik, kitab hadis, ahli Fiqih dan kitab-kitab alat; Kedua, bi ad-Dirayah yang bersumber dari akal pikiran dan ijtihad mufssir itu sendiri. Metode penafsiran yang digunakan adalah metode tahlili yang direpresentasikan dengan penjelasan berbagai aspek secara terperinci pada setiap ayat. Tafsir tersebut menggunakan dua pendekatan sekaligus, yaitu pendekatan bahasa dan fiqih, sehingga membuatnya berorientasi pada tafsir dengan corak lughawi dan fiqhi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Epistemologi; Tafsir Kontemporer; Tafsir Hadā’iq Al-Rauh Wa Al-Raihān Fi Rawābi ‘Ulum Al-Qur’ān; Muhammad Al-Amin Al-Harari.
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Liri Saepulloh
Date Deposited: 16 Jun 2023 07:06
Last Modified: 16 Jun 2023 07:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69287

Actions (login required)

View Item View Item