Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap gadai sawah tanpa batas Waktu : Studi kasus di desa Margacinta Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran

Supriatna, Sidiq Firdaus (2023) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap gadai sawah tanpa batas Waktu : Studi kasus di desa Margacinta Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Rahn adalah akad utang piutang antara rahin dan murtahin dengan jaminan barang bernilai jual sebagai penguat kedua belah pihak. Dalam islam rahn merupakan salah satu akad yang memiliki prinsip tolong menolong yang tidak mencari keuntungan. Terjadinya akad gadai tanpa batas waktu yang dilakukan masyarakat menarik untuk diteliti kejelasan hukumnya menurut Hukum Ekonomi Syariah. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui praktik gadai sawah tanpa batas waktu di Desa Margacinta Kec. Cijulang Kab. Pangandaran (2) untuk mengetahui bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap pelaksanaan gadai sawah tanpa batas waktu di Desa Margacinta Kec. Cijulang Kab. Pangandaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Dengan metode deskriftif ini penulis dapat mendeskrifsikan atau memberikan gambaran tentang suatu satuan analisis secara utuh sebagai suatu kesatuan yang berintegrasi. adapun jenis kualitatif bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara,dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini yaitu: (1) terdapat 3 faktor yang melatarbelakangi gadai sawah di Desa Margacinta yaitu fakyor ekonomi, faktor pendidikan dan faktor budaya, (2) tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik Gadai sawah tanpa batas waktu di Desa Margacinta yaitu dalam pelaksanaan perjanjiannya dilakukan secara lisan dan tidak adanya bukti otentik (tertulis) bahwa telah terjadi akad gadai diantara keduanya, sawah yang dijadikan jaminan hutang dikelola dan diambil mamafaat sepenuhnya oleh pihak murtahin. Akad pada gadai ini juga tidak menyebutkan batasan waktu berakhirnya gadai sehingga pihak rahin dapat menebus sawahnya kapan saja. (3) pelaksanaan gadai sawah tanpa batas waktu ini tidak sesuai dengan ajaran islam karena gadai tanpa batas waktu yang dilakukan masyarakat Desa Margacinta tidak adanya bukti yang tertulis bahwa telah terjadi suatru akad gadai dan gadai tanpa batas waktu juga mengakibatkan adanya pihakpihak yang dirugikan serta terdapat pemamfaatan barang gadai yang tidak sesuai dengan ketentuan islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gadai (Rahn); Rahin; Murtahin; Marhun
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Customs of People
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Sidiq Firdaus Supriatna
Date Deposited: 14 Jun 2023 08:18
Last Modified: 14 Jun 2023 08:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69298

Actions (login required)

View Item View Item