Strategi pemberdayaan Soft Skill masyarakat melalui pelatihan Barista di Karang Taruna RW 15 Kelurahan Rancaekek Kencana

Akbar, Mochammad Iqbal Aulia (2023) Strategi pemberdayaan Soft Skill masyarakat melalui pelatihan Barista di Karang Taruna RW 15 Kelurahan Rancaekek Kencana. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka .pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy

Abstract

Komunitas Barista Milenial (KBM) membuat salah satu kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan menghadirkan pelatihan barista di lingkungan RW 15 Kelurahan Rancaekek Kencana. kegiatan yang didirikan pada awal Januari 2022 tepatnya tanggal sebelas sebagai upaya bangkit dari keterpurukan pandemi covid-19 yang menyerang bukan hanya dari kesehatan manusia saja namun dari segi ekonomi. Tujuan peneltian ini adalah Untuk mengetahui perencanaan dalam meningkatkan soft skil melalui kegiatan pelatihan barista di Karang Taruna RW 15 Kelurahan Rancaekek Kencana dalam upaya peningkatan ekonomi masyakarat, proses pelaksanaan pemberdayaan melalui kegiatan pelatihan barista dan Untuk mendeskripsikan keberhasilan pemberdayaan melalui kegiatan pelatihan barista. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan. Soekanto berpendapat bahwa untuk mengukur keberhasilan pemberdayaan masyarakat, dapat diukur melalui input, process, output, dan outcome. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasl penelitian ini mendapatkan bahwa Perencanaan penyelenggaraan pelatihan barista di Karang Taruna RW 15 Kelurahan Rancaekek kencana mencakup perencanaan peserta, perencanaan keuangan dan perencanaan instruktur. Dengan demikian, program pelatihan barista dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi peserta dan organisasi. Kegiatan pelatihan barista dapat menjadi salah satu bentuk pemberdayaan yang efektif untuk meningkatkan kemampuan individu dalam bidang kopi. Proses pelaksanaan pemberdayaan melalui kegiatan pelatihan barista di Karang Taruna RW 15 Kelurahan Rancaekek Kencana mencakup identifikasi kebutuhan penerima pelatihan, menentukan tujuan pelatihan, menyusun materi pelatihan, penggunan metode pembelajaran yang efektif dan evaluasi. Keberhasilan pemberdayaan melalui kegiatan pelatihan barista di Karang taruna RW 15 Kelurahan Rancaekek Kencana dicapai dengan baik dan memberikan manfaat yang signifikan bagi peserta dan organisasi. keberhasilan pemberdayaan melalui kegiatan pelatihan barista dapat membantu meningkatkan daya saing bisnis, produktivitas dan kinerja tenaga kerja, serta memperkuat reputasi bisnis. Oleh karena itu, pelatihan barista dapat menjadi strategi pemberdayaan yang efektif untuk meningkatkan keberhasilan bisnis dan membantu mencapai tujuan organisasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Pelatihan Barista; Pemberdayaan; Soft Skills; Strategi.
Subjects: Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Process > Social Control
Social Groups
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mochammad Iqbal Akbar
Date Deposited: 15 Jun 2023 04:03
Last Modified: 15 Jun 2023 04:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69304

Actions (login required)

View Item View Item