Manajemen pembelajaran Tahfidzul Qur'an pada pondok pesantren : Penelitian di Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Sukamantri Kabupaten Sumedang

Dzikri, Ahmad (2023) Manajemen pembelajaran Tahfidzul Qur'an pada pondok pesantren : Penelitian di Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Sukamantri Kabupaten Sumedang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (766kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantrem Al-Hikamussalafiyyah Sukamantri Kabupaten Sumedang yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Peneliti tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang manajemen pembelajaran tahfidzul Qur’an di pesantren ini selain memiliki kualitas tahsin bacaan al-Qur’an yang bersanad juga dikenal sebagai salah satu pesantren yang berkontribusi besar dalam perkembangan khususnya di Jawa barat karena banyak melahirkan lulusannya yang berprestasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teori fungsi manajemen menurut G.R Terry yang mengatakan bahwa fungsi manajemen ada 4 yaitu: 1) Planning (Perencanaan); 2) Organizing (Pengorganisasian); 3) Actuating (Pelaksanaan); 4) Controlling (Pengawasan). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan menggunakan tiga sumber bukti untuk dijadikan fokus bagi pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa pembuatan deskripsi detail tentang kasus tersebut. Dalam analisis data peneliti mereduksi data dengan merangkum, memilih hal-hal pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, dicari tema dan pola nya dan membuang yang tidak perlu, sehingga data yang direduksi memberikan gambaran yang lebih jelas. Kemudian peneliti mendisplaykan data (menyajikan data) untuk memudahkan dalam memahami apa yang terjadi. Salanjutnya, peneliti melalukan penarikan kesimpulan Hasil penelitian mengungkapkan temuan bahwa pelaksanaan manajemen pembelajaran tahfidzul Qur’an di pondok pesantren Al-Hikamussalafiyyah dari perencanaan sampai pengawasan sudah melaksanakan fungsi manajemen. pertama perencanaan (adanya dasar dan tujuan pembelajaran, penentuan target materi dan capaian, serta alokasi waktu pembelajaran), kedua pengorganisasian (adanya pembagian strukur tugas, dan materi pembelajaran), ketiga pelaksanaan (proses pembelajaran terdiri dari tiga tahapan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup, penerapan metode setiap tingkatan kelas dan pengkondisian pembelajaran), keempat pengawasan dilakukan sekaligus dengan evaluasi dengan bentuk kegiatan (setoran harian, laporan tahfidz bulanan, sima’an, ujian kelipatan 5 juz, kegiatan semesteran dan tahunan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran; Tahfidzul Quran; Pondok Pesantren
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad Dzikri Syarif
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:37
Last Modified: 07 Jul 2023 06:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69340

Actions (login required)

View Item View Item