Pengaruh Bimbingan Membaca Al-Quran Terhadap Motivasi Menghafal Al-Quran Pada Siswa Di MTs Negeri 2 Kota Bandung

Nuraeni, Reni (2023) Pengaruh Bimbingan Membaca Al-Quran Terhadap Motivasi Menghafal Al-Quran Pada Siswa Di MTs Negeri 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (713kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy

Abstract

Manusia adalah makhluk Allah yang paling sempurna dan dimuliakan. Sehingga tujuan diciptakannya manusia yang paling utama adalah untuk beribadah dan bertaqwa kepada Allah Swt. Al-Qur’an sebagai mu’jizat yang besar, maka di dalamnya terdapat pedoman dalam mencapai kehidupan yang hakiki. Oleh karena itu, kewajiban setiap muslim di seluruh penjuru dunia untuk mempelajari Al-Qur’an dengan cara membaca, menghafal, serta mengamalkannya. Sadar akan kebutuhan tersebut, sekolah MTs Negeri 2 Bandung menggagas program “Bimbingan Membaca Al-Quran”. Melalui program ini, siswa diberikan pembelajaran membaca Al-Quran yang baik dan benar. Hal ini yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian di MTs Negeri 2 Kota Bandung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bimbingan membaca Al-Quran siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Kota Bandung; (2) Pengaruh bimbingan membaca Al�Quran terhadap motivasi menghafal Al-Quran siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Bandung.Menurut Daulay Bimbingan membaca Al-Qur’an adalah proses pemberian bantuan dalam membaca serta memahami (dengan melisankan atau hanya di hati) dari apa yang tertulis dalam Al-Qur’an yang terus menerus dari seorang pembimbing yang telah dipersiapkan kepada individu yang membutuhkannya dalam rangka mengembangkan seluruh potensi yang dimiliknya secara optimal dengan menggunakan berbagai macam nedia dan teknik bimbingan dalam suasana yang normatif agar tercapai kemandirian dan perubahan tingkah laku, sehingga individu dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun bagi lingkungan. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah cause and effect yaitu hubungan sebab akibat, bila X maka Y. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Penulis menggunakan teknik purposive proportional random sampling yaitu sebanyak 42 orang orang siswa kelas di MTs Negeri 2 Kota Bandung. Alat ukur sampel berupa angket tertutup dengan menggunakan skala likert. Variabel X berjumlah 14 item dan variabel Y berjumlah 14 item yang sudah divalidasi dan diuji reabilitasnya. Adapun pengujian pengaruh menggunakan uji regresi linier sederhana dan koefisien determinasi R2 (R Square). Hasil dari kegiatan bimbingan membaca Al-Quran di MTs Negeri 2 Kota Bandung sudah tergolong cukup tinggi sesuai dengan teori dimana bimbingan membaca Al-Quran sudah dilaksanakan secara kontinu dan memiliki intensitas yang tinggi. sehingga bimbingan membaca Al-Quran terhadap motivasi menghafal Al-Quran memiliki pengaruh sebesar 49,1% yang dibuktikan bahwa nilai Sig < Alpha, yaitu 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Membaca Al-Quran; Motivasi menghafal
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Reni Nuraeni Rodin
Date Deposited: 20 Jun 2023 04:28
Last Modified: 20 Jun 2023 04:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69364

Actions (login required)

View Item View Item