Pengaruh pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah terhadap pembangunan ekonomi masyarakat di Kecamatan Cibiru Kota Bandung

Pamungkas, Handika Ardana (2023) Pengaruh pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah terhadap pembangunan ekonomi masyarakat di Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan ekonomi adalah salah satu indikator pembangunan nasional, keberhasilan pembangunan tersebut tergantung dari ekonomi masyarakatnya dalam menjalankan aktivitas ekonomi. Kota Bandung telah mengalami peningkatan jumlah pelaku usaha mikro yang signifikan ditiga tahun terkahir. Akan tetapi berdasarkan survei ditemukan bahwa masih banyak pelaku usaha yang merasakan kesulitan dalam meningkatkan dan mengembangangkan usahanya, Kesulitan yang dihadapi yaitu kurangnya pemahaman para pelaku usaha terhadap permodalan dan pemasaran maka dari itu untuk mengatasi hal tersebut kita bisa lihat dengan adanya pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah untuk dapat menambah pemahaman dan membangun ekonomi masyarakat Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemerdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah terhadap pembangunan ekonomi masyarakat di Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan adalah kuantatif. Populasi dalam peneltian ini adalah 302 UMKM di Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Metode untuk pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan hasil dari uji SPSS dari setiap indicator yang disesuaikan dengan interval yang telah ditemukan. Hasil peneltian menunjukkan bahwa pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah berpengaruh terhadap pembangunan ekonomi masyarakat sebesar 78,3%. Sedangkan 21,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah; dan Pembangunan Ekonomi
Subjects: Public Administration
Administration of Economy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Handika Ardana Pamungkas
Date Deposited: 16 Jun 2023 02:36
Last Modified: 16 Jun 2023 02:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69419

Actions (login required)

View Item View Item