Hubungan self confidence dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V MI: Studi penelitian pada siswa kelas V MIN 1 Kota Bandung

Mubarok, Zaenal Mutakin (2023) Hubungan self confidence dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V MI: Studi penelitian pada siswa kelas V MIN 1 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (649kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: self confidence siswa pada pembelajaran matematika di kelas V MIN 1 Kota Bandung, bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas V MIN 1 Kota Bandung, dan hubungan antara self confidence dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas V MIN 1 Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan pada siswa kelas V MIN 1 Kota Bandung. Adapun instrument yang digunakan yaitu angket untuk mengetahui self confidence pada siswa dan tes uraian untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: realitas self confidence siswa kelas V MIN 1 Kota Bandung menunjukan hasil yang positif dengan kualifikasi sangat baik. Hal ini ditunjukan dengan nilai akhir sebesar 2,77 sedangkan realitas kemampuan pemecahn masalah matematis siswa kelas V MIN 1 Kota Bandung menunjukan hasil yang positif dengan kualifikasi cukup. Hal ini ditunjukan dengan nilai persentase rentantang 55-64,9sebanyak 49,5%. Hubungan antara self confidence dengan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas V MIN 1 Kota Bandung, termasuk pada kategori moderat (cukup). Hal ini ditunjukan dengan hasil uji statistik korelasi menggunakan rumus produc moment bahwa nilai koefisien korelasi sebesar 0,548. Nilai tersebut diinterpretasikan korelasi berkategori rendah karena nilai koefisien korelasi sebesar 0,548 berada pada interval 0,400-0,59, dengan sigfikasi 5% diperoleh r tabel sebesar 0,312, sehingga jika nilai r hitung 0,548 > r tabel 0,312. Selain itu hipotesis yang diperoleh bahwa H_0 ditolak artinya terdapat hubungan yang signifikan antara self confidence dengan kemampuan pemahaman matematis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Self Confidance; Mathematical Problem Solving Ability; Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Applied mathematics > Descriptive Statistical Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zaenal Mutakin Mubarok
Date Deposited: 16 Jun 2023 06:26
Last Modified: 16 Jun 2023 07:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69430

Actions (login required)

View Item View Item