Analisis terhadap faktor kemenangan calon kepala Desa Penangtang pada pilkades serentak tahun 2021: studi di Desa Sukamulya kecamatan Talegong kabupaten Garut

Sugianto, Sugianto (2023) Analisis terhadap faktor kemenangan calon kepala Desa Penangtang pada pilkades serentak tahun 2021: studi di Desa Sukamulya kecamatan Talegong kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR IS1.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Garut yang dilaksanakan serentak pada tanggal 8 Juni 2021. Para calon Kepala Desa berangkat dari berbagai latar belakang pendidikan dan organisasi yang mereka miliki sebagai senjata untuk memenangkan suara pemilih. Di Desa Sukamulya terdapat lima calon kandidat yang mencalonkan diri sebagai Kepala Desa. Para kandidat ini yaitu Jajang Herawan, Raji Kartiwa, Gugun Komara, Sahman, dan Aep Saepudin. Dengan latarbelakang kandidat yang berbeda baik dalam segi pekerjaan ataupun faktor pendukung, muncul persaingan yang cukup sengit dalam merebut hati para pemilih. Kemudian hasilnya yang terpilih sebagai Kepala Desa adalah kandidat Jajang Herawan. Dilihat dari latarbelakang tersebut sangat diperlukan untuk mengetahui faktor yang dimiliki kandidat sehingga bisa memenangkan persaingan dengan lawannya. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis faktor kemenangan calon kepala desa penangtang pada pilkades serentak tahun 2021 (Studi Kasus di Desa Sukamulya Kecamatan Talegong Kabupaten Garut). Penulis dalam penelitian ini menggunakan beberapa teori, diantaranya: komunikasi politik, elit politik, dan strategi kampanye. Ketiga teori ini sangat diperlukan untuk mendapatkan kemenangan karena komunikasi politik merupakan penyampaian pesan-pesan yang bersifat politik. Setelah komunikasi politik disampaikan dengan baik maka elit politik dapat dijadikan sebagai penunjang untuk meraih kemenangan dibarengi dengan strategi kampanye yang tepat. Metode penlitian yang digunakan dalam penelitian ini penelitian kualitatif. Artinya penelitian ini berkaitan dengan penilaian subyektif baik dari sikap, pendapat ataupun perilaku seseorang. Hasil dari penelitian ini bahwa faktor kemenangan calon kepala desa penangtang pada pilkades serentak tahun 2021 di Desa Sukamulya Kecamatan Talegong Kabupaten Garut yaitu terdiri dari tiga faktor yang dipakai oleh kandidat yaitu pertama, faktor komunikasi politik dengan masyarakat yang terjalin dengan baik karena berangkat dari profesi kandidat sebagai mantan TNI dan berprofesi dibidang kesehatan. Kedua, faktor modalitas yakni modal politik, modal sosial dan modal ekonomi. Dan ketiga, faktor strategi kampanye dengan tiga strategi yaitu melalui pemasaran langsung kepada calon pemilih, pemasaran melalui media massa yakni melalui watsapp, dan pemasaran melalui tokoh, kelompok atau organisasi berpengaruh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kampanye; politik; strategi; komunikasi politik
Subjects: Political Ethics > Relation of Individuals to The State
Socialism and Related Systems
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Sugianto Sugianto
Date Deposited: 16 Jun 2023 06:33
Last Modified: 16 Jun 2023 06:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69447

Actions (login required)

View Item View Item