Pengaruh dukungan orang tua terhadap kematangan karir siswa : Penelitian di Sekolah Menengah Kejuruan Harapan 1 Rancaekek Bandung

Muharromah, Rifda Huliyah (2023) Pengaruh dukungan orang tua terhadap kematangan karir siswa : Penelitian di Sekolah Menengah Kejuruan Harapan 1 Rancaekek Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy

Abstract

SMK merupakan sekolah formal yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa memasuki dunia kerja dengan keahliannya, namun masih banyak siswa yang masuk SMK tanpa memperhatikan bakat dan minat mereka. Dalam mempersiapkan jenjang karir di masa depan seseorang sangat membutuhkan kematangan karir yang tinggi. Kesulitan dalam menentukan karir karena adanya beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor tersebut adalah dukungan orang tua. Dengan dukungan orang tua diduga dapat membentuk kematangan karir anak dan anak akan terbantu dalam memahami minat dan bakat yang mereka punya. Dengan demikian, tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dukungan orang tua terhadap kematangan karir siswa. Penelitian ini berlandaskan pada indikator variabel dukungan orang tua yaitu attachment, social integration, reassurance of worth, reliable alliance, guidance dan opportunity for maturance, serta indikator pada variabel kematangan karir (a) career planning (perencanaan karir) (b) career exploration (eksplorasi karir) (c) decision making (pengambilan keputusan) (d) world of work information (informasi seputar dunia kerja). Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan variabel bebas dalam penelitian ini adalah dukungan orang tua (X) dan variabel terikatnya kematangan karir (Y). Cara penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah yaitu 30 siswa SMK Harapan 1 Rancaekek. Instrumen yang digunakan yaitu dengan angket tertutup dengan menggunakan skala dukungan orang tua dan skala kematangan karir. Teknik analisis data yang digunakan dengan teknik analisis data regresi mengacu pada formula rank pearson untuk menguji pengaruh suatu variabel bebas dan variabel terikat, serta menggunakan teknik koefisien determinasi R2 (R square). Berdasarkan hasil penelitian, data menunjukan bahwa dukungan orang tua berpengaruh terhadap kematangan karir dengan nilai signifikasi (p = 0.015 < 0.05) dan hasil KD = 19,4% yang artinya terdapat pengaruh dukungan orang tua terhadap kematangan karir siswa SMK Harapan 1 Rancaekek, Kabupaten Bandung sebesar 19,4%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dukungan orang tua; kematangan karir; siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Rifda Huliyah Muharromah
Date Deposited: 20 Jun 2023 04:29
Last Modified: 20 Jun 2023 04:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69449

Actions (login required)

View Item View Item