Konstruksi pemberitaan media online menjelang pilpres 2024: Analisis Framing Model Zhondang Pan dan Gerald M. Kosicki mengenai pemberitaan Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024 pada SINDOnews.com edisi 03-07 Oktober 2022

Indrianti, Maya Niar (2023) Konstruksi pemberitaan media online menjelang pilpres 2024: Analisis Framing Model Zhondang Pan dan Gerald M. Kosicki mengenai pemberitaan Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024 pada SINDOnews.com edisi 03-07 Oktober 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Pendeklarasian Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024 dari Partai Nasdem cukup mencengangkan bagi masyarakat dan membuat media massa berbondong–bondong untuk memberitakannya, salah satunya adalah media online SINDOnews.com. Media online tersebut dipilih lantaran cukup banyak memberitakan tentang isu pendeklarasian Anies tersebut dengan pembingkaiannya sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui unsur sintaksis, unsur skrip, unsur tematik, dan unsur retoris pada pemberitaan pencalonan Anies Baswedan sebagai capres 2024 dari partai Nasdem pada media online SINDOnews.com edisi 03 – 07 Oktober 2022. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori analisis framing model Zhongdan Pan dan Gerald M. Kosicki menggunakan teknik studi pustaka dengan cara memanfaatkan dokumen terkait yang fokus penelitiannya relevan dan juga teknik dokumentasi dari naskah – naskah berita yang ada pada laman media online SINDOnews.com tentang pemberitaan pencalonan Anies Baswedan sebagai capres 2024 dari partai Nasdem dalam edisi 03 – 07 Oktober 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme dan metode analisis framing model Zhongdan Pan dan Gerald M. Kosicki. Berdasarkan beberapa hasil analisis atau temuan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa media online SINDOnews.com dalam melakukan framing terkait dengan pemberitaan pencalonan Anies Baswedan sebagai capres 2024 dari partai Nasdem tanggal 3 – 7 Oktober 2022 itu lebih menekankan bahwa Anies Baswedan adalah seorang pendatang baru yang tidak diduga-duga akan menjadi kandidat capres dari partai Nasdem. Dalam menghadirkan beritanya SINDOnews.com juga menghadirkan berita dari partai-partai yang menyambut pendeklarasian ini dengan positif bahkan sampai dengan yang enggan berkomentar banyak tentang isu ini dengan berbagai alasan. Hal tersebut dilakukan SINDOnews.com agar khalayak juga bisa mengetahui pandangan – pandangan pihak lain dari isu ini. Saran dari penelitian ini adalah masyarakat diharapkan lebih selektif saat mendapatkan berita, terlebih isu politik. Selain itu, bagi praktisi media dalam proses pemberitaan harus menghasilkan informasi yang aktual dan objektif. Penelitian ini juga membuka ruang untuk mengkaji aspek lain selain analisis framing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: konstruksi berita; pilpres 2024; analisis framing
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Maya Niar Indrianti
Date Deposited: 16 Jun 2023 07:33
Last Modified: 16 Jun 2023 07:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69457

Actions (login required)

View Item View Item