Upaya meningkatkan prestasi Kkognitif siswa melalui penerapan model pembelajaran Kooperative tipe Jigsaw pada mata pelajaran PAIBP materi prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam : Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas XI MIPA 4 di SMAN 26 Bandung

Sripatimah, Hana (2023) Upaya meningkatkan prestasi Kkognitif siswa melalui penerapan model pembelajaran Kooperative tipe Jigsaw pada mata pelajaran PAIBP materi prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam : Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas XI MIPA 4 di SMAN 26 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai siswa pada mata pelajaran PAIBP di kelas XI MIPA 4 SMAN 26 Bandung yang rata-rata nilainya 65,05 ini di bawah standar KKM (75) yang selama ini menggunakan metode ceramah. Untuk meningkatkan nilai tersebut peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang di duga dapat meningkatkan prestasi kognitif siswa. Persoalannya adalah apakah model jigsaw ini dapat meningkatkan prestasi kognitif siswa atau tidak? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Prestasi kognitif siswa sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran PAIBP, (2) Proses penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran PAIBP, dan (3) Prestasi kognitif siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran PAIBP. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam proses pembelajarannya siswa akan lebih variatif, inovatif, dan konstruktif dalam merekonstruksi wawasan pengetahuan dan mplementasinya, sehingga meningkatkan daya pikir, keberanian siswa untuk mengemukakan pendapat dalam memecahkan permasalahan yang diberikan oleh guru, mempermudah siswa dalam belajar lewat pengalaman belajar yang dimilikinya. Dengan demikian, hal tersebut dapat meningkatkan prestasi kognitif siswa dengan kelebihan-kelebihan tersebut. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam 3 siklus dan 1 pra siklus. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan penelitian, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, tes, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan pendekatan statistik. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa : (1) sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw rata-rata nilai siswa 65,05 ini di bawah standar KKM (75), (2) proses penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Dari hasil observasi aktivitas siklus I diperoleh persentase aktivitas guru 72,72% dan aktivitas siswa 67,27%, pada siklus II aktivitas guru 78,18% dan aktivitas siswa 76,36%, dan pada siklus III aktivitas guru 87,27% dan aktivitas siswa 89,09%, dan (3) setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw prestasi kognitif siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh nilai dengan rata-rata 70,76, pada siklus II diperoleh nilai dengan rata-rata 74,94 , dan pada siklus III diperoleh nilai dengan rata-rata 84,17. Sehingga penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran PAIBP dapat dikatakan meningkatkan prestasi kognitif siswa pada kelas XI MIPA 4 SMAN 26 Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Kognitif; Model Pembelajaran Kooperatif; Penelitian Timdakan Kelas
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hana Sripatimah Deden
Date Deposited: 20 Jun 2023 00:41
Last Modified: 20 Jun 2023 00:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69552

Actions (login required)

View Item View Item