Persepsi peserta didik dalam pemutaran film Ayat-Ayat Cinta 2 hubungannya dengan sikap toleransi terhadap sesama : Penelitian pada kelas X SMA Muhammadiyah 4 Bandung

Widadi, Soful Indah (2023) Persepsi peserta didik dalam pemutaran film Ayat-Ayat Cinta 2 hubungannya dengan sikap toleransi terhadap sesama : Penelitian pada kelas X SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya sikap toleransi terhadap sesama. Berdasarkan studi pendahuluan media sebagai salah satu pioneer dalam penyebaran informasi, membawa dampak yang begitu besar baik dalam bidang ekonomi, politik, agama, sosial budaya, kemasyarakatan dan lain-lain. Salah satu jenis media yang cukup efektif adalah film. Film disajikan di bioskop atau televisi dapat menimbulkan berbagai macam persepsi dari orang yang menyaksikannya. Salah satunya film ayat-ayat cinta 2 sebagai media audio visual dalam mengetahui persepsi peserta didik sebagai tayangan yang baik dan memuat nilai-nilai moral yang positif. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti diperoleh data 14% peserta didik yang memiliki sikap saling menghormati dan menghargai dari total 35 peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1. Persepsi peserta didik dalam pemutaran film ayat-ayat cinta 2, 2. Sikap toleransi peserta didik terhadap sesama, 3. Hubungan antara persepsi peserta didik dengan sikap toleransi peserta didik terhadap sesama. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan persepsi peserta didik dalam pemutaran film ayat-ayat cinta dengan sikap toleransi peserta didik terhadap sesama. Penelitian ini mengacu pada kerangka pemikiran bahwa persepsi peserta didik dalam pemutaran film ayat-ayat cinta 2 diduga memiliki hubungan dengan sikap toleransi peserta didik terhadap sesama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden merupakan peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah 4 Bandung dengan jumlah 67 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: analisis parsial, uji normalitas data, uji linear, uji hipotesis, uji korelasi, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1) realitas persepsi peserta didik dalam pemutaran film ayat-ayat cinta 2 termasuk kedalam kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 4,29 berada pada skala 4,20-5,00. 2) realitas sikap toleransi peserta didik terhadap sesama termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata 3,63 berada pada sekala 3,40-4,19. 3) hubungan persepsi peserta didik dalam pemutaran film ayat-ayat cinta 2 dengan sikap toleransi peserta didik terhadap sesama termasuk dalam korelasi yang kuat dengan nilai uji korelasi 0,699 berada pada interval 0,60-0,80. Pengaruh variabel X terhada variabel Y sebesah 48,8% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh t hitung 7.874 > dari t table 1.997 maka dapat disimpulkan Ha diterima artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi peserta didik dalam pemutaran film ayat-ayat cinta 2 dengan sikap toleransi peserta didik terhadap sesama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: persepsi;ayat-ayat cinta 2; dan sikap toleransi
Subjects: Religious Mythology > Attitudes of Religions Toward Social Issues
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Soful Widadi
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:24
Last Modified: 21 Jun 2023 06:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69567

Actions (login required)

View Item View Item