Upaya penanggulangan pekerja anak berdasarkan pasal 68 Peraturan Daerah Kota Bandung nomor 4 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan perspektif Siyasah Dusturiyah

Huda, Wildani (2023) Upaya penanggulangan pekerja anak berdasarkan pasal 68 Peraturan Daerah Kota Bandung nomor 4 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan perspektif Siyasah Dusturiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dilakukan penelitian ini dikarenakan tinggginya angka pekerja anak di Kota Bandung di sektor informal dan di sektor formal. Sedangkan Kota Bandung sendiri memiliki peraturan perihal larangan pekerja anak yang tertera dalam pasal 68 Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan. Tujuan dilakukan penelitian ini ialah: Pertama, untuk mengetahui pelaksanaan pasal 68 Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan di Kota Bandung. Kedua, untuk mengetahui upaya penanggulangan pekerja anak di Kota Bandung. Ketiga, untuk mengetahui tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap pelaksanaan pasal 68 Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 4 Tahun 2018 dan upaya penanggulangan pekerja anak di Kota Bandung. Teori yang digunakan penelitian ini ialah: Pertama, teori sistem hukum. Kedua, teori negara kesejahteraan. Ketiga, teori implementasi kebijakan. Keempat, teori siyasah dusturiyah dengan berdasarkan prinsip Maqashid Syari’ah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan pendekatan penelitian yuridis empiris. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer, sekunder, dan tersier. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini ialah: Pertama, pelaksanaan pasal 68 Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2018 masih belum optimal dikarenakan masih ditemukannya pekerja anak di Kota Bandung. Kedua upaya penanggulangan pekerja anak di Kota Bandung dimotori oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) melalui program-program diantaranya: Disnaker dengan program prioritas Child Labour Monitoring & Remediation in Indonesia-Project; Dinsos dengan program prioritas Skema Padat Karya dan Rehabilitasi Sosial; dan DP3A dengan program prioritas Kelurahan Layak Anak dan Sosialisasi Ngabring Kasakola (Ngabaso). Ketiga, tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap pelaksanaan dan upaya penanggulangan pekerja anak pada prinsipnya sudah memenuhi asas-asas Siyasah Dusturiyah yang meliputi 3 hal: maslahah daruriyyah (kemaslahatan primer), maslahah hajiyyah (kemaslahatan sekunder) dan maslahah tahsiniyyah (kemaslahatan tersier) dengan fokus pendekatan kepada norma dasar yang bersifat dharuri yaitu memelihara keturunan atau Hifz An-Nasl untuk mencapai mashlahat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pekerja; pekerja anak; Pemda Bandung; Penanggulangan; Siyasah Dusturiyah; Ketenagakerjaan; Penyelenggaraan; Wildani Huda.
Subjects: Knowledge > Controversial Knowledge
Law
Constitutional and Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Wildani Huda
Date Deposited: 21 Jun 2023 04:29
Last Modified: 21 Jun 2023 04:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69582

Actions (login required)

View Item View Item