Hubungan hafalan al-Qur’an dengan pembentukan karakter siswa MI : Penelitian korelasi di kelas III MI Ibrahim Ulul Azmi Bandung

Rahayu, Femmy Sahla (2023) Hubungan hafalan al-Qur’an dengan pembentukan karakter siswa MI : Penelitian korelasi di kelas III MI Ibrahim Ulul Azmi Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena MI Ibrahim Ulul Azmi menerapkan program hafalan al-Qur’an. Namun beberapa siswa memiliki keluhan atau hambatan yakni, dikarenakan dengan adanya target dari setiap tahunnya yaitu satu tahun satu juz, maka ada beberapa siswa yang memiliki kesulitan dengan hal tersebut. Bahkan ada beberapa siswa 1 sampai 6 tahun ini hanya mampu 1 juz saja itu punya dinamakan program ziadah karena pada dasarnya seharusnya ketika lulus dari MI tersebut seharusnya hafal 3 sampai 4 juz bahkan 6 juz. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hafalan al-Qur’an siswa kelas III MI Ibrahim Ulul Azmi Bandung, 2) karakter siswa kelas III MI Ibrahim Ulul Azmi Bandung dan 3) hubungan hafalan al-Qur’an dengan pembentukan karakter siswa kelas III MI Ibrahim Ulul Azmi Bandung Indikator dari hafalan al-Qur’an meliputi kelancaran dalam menghafal al-Qur’an, kesesuaian bacaan dengan kaidah ilmu tajwid & fashahah. Sedangkan indikator karakter siswa meliputi relijius, jujur, disiplin, kerja keras, tanggung jawab. Metode yang digunakan ialah metode korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel responden diambil dari kelas III-A dan III-B MI Ibrahim Ulul Azmi Bandung yang berjumlah 51 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan dokumentasi teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yang di mana diawali uji realitas, uji normalitas, uji korelasi dan menghitung koefisien determinasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hafalan al-Qur’an siswa kelas III memiliki rata rata sebesar 88,96 dan masuk ke dalam kategori baik. Hubungan hafalan al-Qur’an dengan pembentukan karakter siswa di kelas III MI Ibrahim Ulul Azmi Bandung diperoleh sebesar 0,308 dan termasuk dalam kategori rendah atau lemah. Hasil tersebut diperoleh dari uji korelasi dengan hafalan al-Qur’an memberikan kontribusi terhadap pembentukan karakter siswa sebesar 9,48%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hafalan; Al-Qur’an; Pembentukan Karakter
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Femmy Sahla Rahayu
Date Deposited: 21 Jun 2023 01:08
Last Modified: 21 Jun 2023 01:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69588

Actions (login required)

View Item View Item