Nujuliyah, Siti Alfiyah (2023) Analisis kualitas hafalan Al-Qur'an pada siswa kelas V MI Asih Putera di Desa/Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (938kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian dilakukan karena adanya fenomena terkait kualitas hafalan Al-Qur’an yang ditemukan pada siswa MI Asih Putera. Faktor utama berkurangnya kualitas hafalan siswa disebakan oleh berkurangnya intensitas murajaah serta kurang optimalnya pembelajaran tahfidz secara teoritis selama pandemic. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas hafalan Al-Qur’an siswa kelas V MI Asih Putera, mengetahui metode hafalan yang diterapkan di MI Asih Putera serta untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa kelas V MI Asih Putera dalam menghafal Al-Qur’an. Kualitas hafalan Al-Qur’an merupakan baik buruknya seseorang terhadap hafalan Al-Qur’an. Untuk mengetahui kualitas hafalan siswa kelas V MI Asih Putera yakni melakukan tes lisan. Dalam tes lisan ini terdapat beberapa indikator hafalan Al-Qur’an yang harus dipenuhi oleh siswa,di antaranya hifzh, tajwid, dan fashahah. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini ialah menggunakan pendekatan campuran dengan metode deskriptif. Jenis data yang dipakai ialah data kuantitatif dan data kualitatif. Sedangkan untuk teknik pengumpulan datanya berupa tes lisan, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapaun hasil penelitian yang dilakukan diketahui sebesar 55% siswa memiliki kualitas hafalan yang cukup, 40% berkualitas baik, sebesar 5% berkualitas kurang, dan 0% berkualitas sangat baik dan sangat kurang. Secara keseluruhan diketahui bahwa kualitas hafalan Al-Qur’an pada siswa kelas V MI Asih Putera memiliki kualitas yang cukup baik dengan metode yang diterapkan berupa talaqqi, tasmi’/semaan, muraja’ah, dan tafahhum, adapun kesulitan yang dialami siswa yaitu dalam menghafalkan ayat-ayat mutasyabihat, hal ini dipengaruhi intensitas murajaah yang belum optimal, serta kesungguhan siswa yang perlu dilakukan peningkatan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas; Hafalan Al-Qur'an; Madrasah Ibtidaiyah |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan General Management > Control and Quality Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Alfiyah Nujuliyah |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 00:54 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 00:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69593 |
Actions (login required)
View Item |