Manajemen tenaga pendidik menuju tenaga pendidik profesional: Penelitian di Madarsah Tsanawiyah Baitul Arqom Al-Islami

Purnama, Jaka (2013) Manajemen tenaga pendidik menuju tenaga pendidik profesional: Penelitian di Madarsah Tsanawiyah Baitul Arqom Al-Islami. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)

Abstract

Manajemen merupakan suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata. Termasuk juga manjemen tenaga pendidik yang merupakan proses pengaturan pembagian tugas-tugas antara guru-guru untuk melaksankan program pembelajaran di sekolah guna mencapai tujuan yang diharapkan. Madarsah Tsanawiyah Baitul Arqom Al-Islami merupakan pendidikan tingkat menengah yang berada di bawah yayasan pondok pesantren Baitul Arqom Al-Islami dan memiliki prestasi yang cukup baik di bidang administrasi dan penerapan manajemen. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai mencapai hasil akreditasi A. Prestasi tersebut tidak terlepas dari peran pengelola pendidikan pada seluruh aspek, termasuk juga manajemen tenaga pendidik yang diterapkan di MTs Baitul Arqom Al-Islami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar alamiyah dan kondisi objektif, perencanaan tenaga pendidik, pengorganisasian tenaga pendidik, pengarahan tenaga pendidik, pengawasan tenaga pendidik, serta factor penunjang dan penghambat, hasil yang di capai dari pelaksanaan manajerial tenaga pendidik di Madarsah Tsanawiyah Baitul Arqom Al-Islami. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata dan data tertulis serta perilaku yang dapat diamati yang diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan teknik dokumentasi atau menyalin. Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan teman sejawat, kecukupan referensi, analisis kasus negatif, pengecekan anggota, urai rinci, audit kebergantungan dan audit kepastian serta memperpanjang keikutsertaan di mulai tanggal 09 November – 08 April 2013. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan manajemen tenaga pendidik di Madarsah Tsanawiyah Baitul Arqom Al-Islami pada intinya melalui tahapan sebagai berikut: a). Perencanaan, tenaga pendidik Madarsah Tsanawiyah Baitul Arqom Al-Islami melakukan perencanaan tenaga pendidik oleh lembaga sendiri, dengan mengacu kepada kebijakan pemerintah tentang standar pendidikan dan tenaga kependidikan baik secara kualifikasi maupun kompetensi yang harus dimiliki oleh guru atau pendidik. b). Pengorganisasian, Kepala Madrasah telah mengatur dan memposisikan para guru-guru menurut kualifikasi dan kemampuan guru masing-masing, c). Pengarahan dan pelaksanaan, kepala sekolah mempunyai peranan penting dalam memberikan directing/arahan agar bisa menjaga dan memajukan organisasi melalui setiap personal, baik secara, struktural maupun fungsional. d). Pengawasan, dilakukan oleh kepala madrasah yaitu Asep Nuryakin s.pd dan pengawas dari pihak Yayasan MTs Baitul Arqom Al-islami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tenaga Pendidik; Madrasah Tsanawiyah; tenaga pendidik profesional;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2016 03:29
Last Modified: 26 Aug 2019 02:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/696

Actions (login required)

View Item View Item