Peran media sosial dalam meningkatkan partisipasi politik pada kalangan pemilih pemula di Pilkada 2018 : Studi kasus Kecamatan Arcamanik Kota Bandung

Widiawati, Liffa (2023) Peran media sosial dalam meningkatkan partisipasi politik pada kalangan pemilih pemula di Pilkada 2018 : Studi kasus Kecamatan Arcamanik Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya perkembangan media sosial yang sangat pesat di kalangan masyarakat. Media sosial digunakan sebagai sarana kampanye yang dilakukan oleh para pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota. Para pemilih dapat mengetahui visi misi dan kegiatan para calon yang bagikan di akun pribadi mereka di platform media sosial. Para pemilih khususnya pemilih pemula menggunakan media sosial dalam kehidupan sehari-hari untuk mencari informasi terkini. Pemilih aktif di Kecamatan Arcamanik sebanyak 39.751 jiwa dan jumlah pemilih pemula sebanyak 7.452 jiwa dan sebanyak 1.131 pemuda tidak menggunakan hak pilihnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media sosial dalam meningkatkan partisipasi pemilih pemula di Kecamatan Arcamanik Kota Bandung pada pilkada 2018 dan pemilih pemula menyikapi media sosial sebagai sarana untuk partisipasi politik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang menggambarkan peran media sosial dalam meningkatkan partisipasi politik kalangan pemilih pemula di Kecamatan Arcamanik. Hasil penelitian menunjukan bahwa partisipasi politik masyarakat di Kecamatan Arcamanik mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan pada lima tahun sebelumnya. Dalam penelitian ini juga ditemukan beberapa faktor yang mempengaruhi partisipasi pemilih pemula adalah dorongan dari orang tua, informasi yang disampaikan jelas dan kesadaran diri sendiri. Sikap pemilih pemula terhadap partisipasi politik adalah Apatis dan Spectator. Pemuda yang apatis tidak menggunakan hak pilihnya dan bersikap tidak peduli terhadap politik, sedangkan pemuda yang bersikap spectator mereka ikut menyuarakan hak pilihnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial; Partisipasi Politik; Pemilih Pemula
Subjects: Political Process
Political Process > Political Campaigns
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Liffa Widiawati
Date Deposited: 21 Jun 2023 08:01
Last Modified: 21 Jun 2023 08:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69604

Actions (login required)

View Item View Item