Pemahaman siswa terhadap materi jujur dan adil hubungannya dengan akhlak siswa di sekolah : Penelitian di kelas VIII A MTs As-Solehhiyah Bojongsoang Kabupaten Bandung

Idris, Zulfikar Fahmi (2023) Pemahaman siswa terhadap materi jujur dan adil hubungannya dengan akhlak siswa di sekolah : Penelitian di kelas VIII A MTs As-Solehhiyah Bojongsoang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang belum mencerminkan dari pengamalan sikap jujur dan adil selama berada di lingkungan sekolah baik berinteraksi dengan guru maupun dengan teman sejawat. Alhasil kondisi ini memerlukan upaya strategis untuk memulihkan kembali kondisi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pemahaman terhadap materi jujur dan adil pada kelas VIII A MTs As-Solehhiyah Bojongsoang Kabupaten Bandung. 2) akhlak siswa di sekolah pada kelas VIII A MTs As-Solehhiyah Bojongsoang Kabupaten Bandung. 3) Pemahaman siswa terhadap materi jujur dan adil hubungannya dengan akhlak siswa di MTs As-Solehhiyah Bojongsoang Kabupaten Bandung. Berdasarkan teori yang ada bahwa akhlak seseorang dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya pemahaman akan materi terkait dengan akhlak. Oleh karena itu, pemahaman siswa terhadap materi jujur dan adil diasumsikan dapat memberi pengaruh terhadap akhlak siswa dalam kehidupan sehari-hari. Langkah-langkah penelitian ini adalah: 1) Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dan metode yang digunakan adalah metode korelasi. 2) Responden 30 orang siswa Kelas VIII A MTs As-Solehhiyah. 3)Alat pengumpul data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, tes, dan angket. 4) Analisis data untuk data kualitatif menggunakan pendekatan logika dan data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Pemahaman siswa terhadap materi jujur dan adil adalah berdistribusi normal. Untuk penafsirannya dilihat dari nilai meannya yaitu 68.03 jika diidentifikasi maka berkategori cukup, karena berada pada interval 60-69, artinya Pemahaman siswa terhadap materi jujur dan adil berkategori cukup. 2) Akhlak siswa di MTs As-Solehhiyah Bojongsoang Kabupaten Bandung adalah berdistribusi normal. Untuk penafsirannya dilihat dari nilai meannya yaitu 68.83 jika dibagi oleh 30 item soal maka diperoleh 3.44 termasuk kategori baik, karena berada pada skala 3.40-4.19, artinya akhlak siswa berkategori baik. 3) Hasil perhitungan korelasi sebesar 0.77, angka tersebut dapat diinterpretasikan termasuk pada pengaruh tinggi. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa hipotesisnya diterima, berdasarkan hasil thitung (6.38) > ttabel (2.05). Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman siswa terhadap materi jujur dan adil dengan akhlak. 4) Pemahaman terhadap materi ini juga memberi pengaruh sebesar 36% terhadap akhlak siswa di MTs As-Solehhiyah Bojongsoang Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Siswa; Materi Jujur dan Adil; Akhlak Siswa
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulfikar Fahmi Idris
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:15
Last Modified: 12 Jul 2023 06:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69707

Actions (login required)

View Item View Item