Permana, Angga (2023) Persepsi siswa terhadap program sekolah mengaji hubungannya dengan keterampilan membaca Al-Qur’an : Penelitian terhadap siswa kelas IX SMPN 1 Bojongsoang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (827kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (807kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) | Request a copy |
Abstract
Program sekolah mengaji dirancang oleh pemerintah Kabupaten Bandung untuk meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an siswa, dengan melibatkan guru mengaji yang didistribusikan ke sekolah SD dan SMP di wilayah Kabupaten Bandung. Dengan adanya program sekolah mengaji dan diangkatnya guru ngaji yang memiliki kompetensi dalam bidangnya, sehingga muncul persoalan apakah keterampilan membaca Al-Qur’an siswa ada hubungannya dengan program sekolah mengaji. Maka persoalan inilah yang menjadi fokus pada penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mengetahui persepsi siswa terhadap program sekolah mengaji 2) Untuk mengetahui keterampilan membaca Al-Qur’an siswa 3) Untuk mengetahui hubungan antara program sekolah mengaji dengan keterampilan membaca Al-Qur’an siswa kelas IX SMPN 1 Bojongsoang. Persepsi siswa terhadap proses pembelajaran sangat berpengaruh terhadap perkembangannya, semakain baik persepsi siswa terhadap proses pembelajaran maka semakin baikpula hasil belajar meraka. Karena bersungguh-sungguh, minat yang tinggi ditentukan oleh persepsi mereka dalam proses pembelajaran. Maka dalam hal ini hipotesis yang diajukan adalah apakah ada hubungan antara persepsi siswa terhapat program sekolah mengaji dengan keterampilan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang memfokuskan terhadap pengujian teori dengan mengukur variabel penelitian menggunakan angka-angka serta data yang dianalisis menggunakan metode statistik. Angket, tes tilawah, observasi, wawancara serta studi dokumen yang dijadikan alat untuk pengumpulan data. Deskriptif analisis setiap indikator variabel X dan Y, uji normalitas, uji regresi linear sederhana, uji korelasi serta uji hipotesis yang dijadikan teknik analisis data. Kesimpulan hasil dari penelitian menunjukkan: 1) Persepsi siswa terhadap program sekolah mengaji berada pada kualifikasi positif dengan nilai rata-rata 4,00 dengan rentang kualifikasi 3,40 – 4,19. 2) Keterampilan membaca Al-Qur’an siswa berada pada kualifikasi Baik dengan nilai rata-rata 76,66 dengan rentang kualifikasi 70 – 79. 3) 3. Hubungan persepsi siswa terhadap program sekolah mengaji Variabel X dengan keterampilan membaca Al-Qur’an siswa variabel Y memperoleh nilai pearson correlation 0.529 apabila merujuk kepada pedoman derajat korelasi berada pada kualifikasi 0,41 s/d 0,60 yang berada pada tingkat korelasi sedang dengan kualifikasi positif. Sedangkan berdasarkan uji hipotesis memproleh nilai t hitung 4314 > 1677 t tabel sehingga hipotesis diterima (Ha) yang artinya adanya pengaruh antara variabel X persepsi siswa terhadap program sekolah mengaji dengan variabel Y keterampilan membaca Al-Qur’an. Besarnya nilai korelasi (R) sebesar 0, 529 dari output tersebut diperoleh koefisiensi determinasi (R Square) 0,279 yang memiliki pengertian bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 26,4%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi siswa; sekolah mengaji; keterampilan membaca Al Quran |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Angga Permana |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 02:01 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 02:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69715 |
Actions (login required)
View Item |