Pengaruh Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 109 dan Pengendalian Internal terhadap Akuntabilitas keuangan di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sumedang

Nurafifah, Lutfia Awaliyah (2023) Pengaruh Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 109 dan Pengendalian Internal terhadap Akuntabilitas keuangan di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data realisasi penerimaan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) tahun 2012-2021 BAZNAS Kabupaten Sumedang yang masih belum memenuhi target yang diharapkan. Hal ini dibuktikan dengan data penerimaan ZIS 10 tahun terakhir yang mengalami fluktuasi dan tidak konsisten pada setiap tahunnya. Terkait dengan kesenjangan tersebut menyebabkan kurangnya kepercayaan masyarakat dalam menitipkan ZIS pada BAZNAS Kabupaten Sumedang. Oleh karena itu, BAZNAS Kabupaten Sumedang harus menerapkan akuntabilitas keuangan yang baik dan dapat menyajikan laporan keuangan zakat yang berkualitas, transparan, tepat dengan mengacu pada PSAK 109 dan pengendalian internal yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis; 1)Pengaruh Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 109 terhadap Akuntabilitas Keuangan. 2)Pengaruh Pengendalian Internal terhadap Akuntabilitas Keuangan. 3)Pengaruh Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 109 dan Pengendalian Internal terhadap Akuntabilitas Keuangan 4)Kesesuaian PSAK 109 di BAZNAS Kabupaten Sumedang. Akuntabilitas Keuangan dipengaruhi oleh Pernyataan Standar Akuntansi keuangan (PSAK) 109 dan Pengendalian Internal. PSAK 109 merupakan peraturan yang mengatur pengakuan, pengukuran, penyajian dan pengungkapan transaksi dana Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS). Sedangkan pengendalian internal merupakan kebijakan dan prosedur yang melindungi aktiva dari penyalahgunaan dan kecurangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pendekatan tersebut bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan kemudian menganalisis pengaruhnya dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pegawai BAZNAS Kabupaten Sumedang dengan total responden 30 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan; 1) hasil parsial (uji t) variabel penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 109 berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas keuangan, 2) hasil parsial (uji t) variabel pengendalian internal berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas keuangan, 3) hasil simultan (uji F) variabel penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 109 dan pengendalian internal berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas keuangan 4) hasil kesesuaian PSAK 109 di BAZNAS Kabupaten Sumedang sudah hampir semua sesuai PSAK. Akan tetapi, satu poin belum sesuai pada pengungkapan Infak/sedekah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 109; Pengendalian Internal; Akuntabilitas Keuangan;
Subjects: Accounting > General Publications of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Accounting for Specific Activities
Accounting > Accounting for Specific Organizations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Lutfia Awaliyah
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:48
Last Modified: 03 Jul 2023 02:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69897

Actions (login required)

View Item View Item