Analisis penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK 109) akuntansi zakat, infak dan sedekah pada BAZNAS kota Solok

Govallen, Muhammad (2023) Analisis penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK 109) akuntansi zakat, infak dan sedekah pada BAZNAS kota Solok. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
8_bab5.pdf

Download (73kB) | Preview
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan perangkat ekonomi Islam yang terkait dengan zakat dan infak/sedekah, dan untuk memberikan informasi yang akurat kepada pihak-pihak yang berkepentingan dan sebagai bentuk publikasi kelembagaan, maka dilakukan proses pencatatan zakat dan infak/sedekah. Pencatatan zakat, infak dan sedekah harus memenuhi standar akuntansi PSAK 109. PSAK 109 merupakan pedoman bagi Organisasi Pengurus Zakat (OPZ) untuk melakukan proses akuntansi. Dengan adanya PSAK 109, diharapkan akan tercapai keseragaman pelaporan sehingga pengguna laporan keuangan dapat membaca laporan keuangan pertanggungjawaban OPZ-nya dan memantau relevansi pelaksanaan OPZ-nya. Namun, masih banyak OPZ di Indonesia yang belum mengaplikasikan PSAK 109 sebagai kebijakan akuntansinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa akuntansi zakat dan infak/sedekah pada BAZNAS kota Solok dan untuk menganalisa apakah BAZNAS kota Solok sudah sepenuhnya menerapkan PSAK 109 serta menganalisa faktor-faktor yang menghambat penerapan PSAK 109 pada BAZNAS kota Solok. Metode penulisan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik observasi,wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada menelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik analisa yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa BAZNAS kota Solok sudah sepenuhnya menggunakan akuntansi zakat, infak dan sedekah. penerapan PSAK 109 pada BAZNAS kota Solok belum sepenuhnya dijalankan oleh BAZNAS kota Solok. Serta tidak terdapatnya faktor yang bisa menghambat penerapan PSAK 109 pada BAZNAS kota Solok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: akuntansi zakat; infak/sedekah;PSAK 109
Subjects: Accounting
Accounting > Accounting for Specific Activities
Accounting > Accounting for Specific Organizations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Muhammad Govallen
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:51
Last Modified: 03 Jul 2023 02:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69900

Actions (login required)

View Item View Item