Pengaruh Return On Asset dan ukuran perusahaan terhadap Audit Report Lag pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2017-2021

Mulyani, Mila Ari Sri (2023) Pengaruh Return On Asset dan ukuran perusahaan terhadap Audit Report Lag pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2017-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya rentang waktu yang dibutuhkan oleh auditor dalam menyelesaikan pekerjaan auditnya karena dapat mempengaruhi ketepatan waktu perusahaan dalam menyampaikan laporan keuangan agar informasi yang terkandung menjadi relevan dan dapat diandalkan. Namun fenomena yang terjadi dilapangan menunjukkan bahwa masih banyak perusahaan yang terlambat menyampaikan laporan keuangan auditannya kepada publik sehingga informasinya menjadi kurang relevan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1) besarnya pengaruh Return On Asset secara parsial terhadap Audit Report Lag, 2) besarnya pengaruh ukuran perusahaan secara parsial terhadap Audit Report Lag, dan 3) besarnya pengaruh Return On Asset dan ukuran perusahaan secara simultan terhadap Audit Report Lag pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2017-2021. Return On Asset adalah rasio yang digunakan untuk menghitung tingkat pengembalian aset dalam menghasilkan laba bersih. Ukuran perusahaan adalah skala besar kecilnya perusahaan yang diukur dari total aset perusahaan. Audit Report Lag adalah rentang waktu penyelesaian proses audit yang dilakukan auditor dihitung dari tanggal tutup buku perusahaan hingga tanggal yang tercantum dalam laporan audit. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan auditan dan laporan audit keuangan perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2017-2021. Alat uji statistik yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi (R2) dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Keseluruhan proses pengolahan data menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistics 26 version. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa 1) Return On Asset secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap Audit Report Lag sebesar 17,9% yang diperoleh nilai R Square sebesar 0,179, 2) Ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap Audit Report Lag sebesar 0,7% yang diperoleh dengan nilai R Square sebesar 0,007, dan 3) Return On Asset dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Audit Report Lag sebesar 31,9% yang diperoleh dari nilai R Square sebesar 0,319.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Return On Asset; Ukuran Perusahaan; Audit Report Lag
Subjects: Accounting > Auditing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Mila Ari Sri Mulyani
Date Deposited: 03 Jul 2023 04:13
Last Modified: 03 Jul 2023 04:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69905

Actions (login required)

View Item View Item