Metode terapi keagamaan terhadap Kesehatan jiwa : Study kasus di Pondok Pesantren Darul Iman, Kp. Cilongokan, Kec. Limbangan, Kab. Garut

Ginanjar, Asep Surya (2016) Metode terapi keagamaan terhadap Kesehatan jiwa : Study kasus di Pondok Pesantren Darul Iman, Kp. Cilongokan, Kec. Limbangan, Kab. Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)

Abstract

Pondok Pesantren Darul Iman daerah Limbangan pada dasarnya berperan besar dalam memberikan pelayanan, tidak hanya dari segi kesehatan fisik pasien saja, tetapi yang tidak kalah pentingnya aspek spiritual pasien. Sebagaimana telah dikatakan bahwa arti sehat itu mencakup sehat biologis, psikologis, sosial, dan spiritual. Hal ini berhubungan sekali dengan metode terapi agama terhadap kesehatan jiwa pasien karena dengan terapi agama kita memupuk rasa optimis di dalam diri, serta menjauhkan rasa pesimis dan putus asa. Lebih dari itu semua, terapi agama mempunyai peranan penting dalam penciptaan kesehatan jiwa dan semangat hidup. Agama juga mengandung manfaat untuk pencegahan terjadinya kegoncangan jiwa dan gangguan jiwa. Lebih dari itu pula, agama mempunyai manfaat bagi pembinaan dan peningkatan semangat hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi jiwa pasien dan bagaimana proses metode terapi agama dalam meningkatkan kesehatan jiwa pasien Pondok Pesantren Darul Iman, Kp. Cilongokan, Kec. BL. Limbangan,Kab. Garut. Teori-teori yang dipakai adalah teori yang berhubungan dengan terapi agama serta Al-Quran sebagai pedoman hidup manusia tidak dapat disangkal oleh siapapun. Allah telah menurunkan sebagai wacana firman-Nya. Sebagai petunjuk bagi hamba-hamba-Nya yang beriman. Tujuan pokok Al-Quran diarahkan untuk memberikan tuntutan kepada manusia dalam menjalankan hidup mereka, baik secara individual maupun secara kolektif dan setiap jiwa manusia juga membutuhkan agama karena manusia terdiri dari dua substansi berbeda, yaitu kebutuhan yang bersifat materi dan jiwa yang bersifat immateri. Tanpa agama, jiwa manusia tidak mungkin dapat merasakan ketenangan dan kebahagiaan dalam hidup. Jadi agama dan percaya kepada Tuhan adalah kebutuhan pokok manusia, yang akan menolong orang dalam memenuhi kekosongan jiwanya. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif studi kasus di Pondok Pesantren Darul Iman, Kp. Cilongokan, Kec. BL. Limbangan,Kab. Garut. Peneliti ingin mengetahui proses metode terapi agama dalam meningkatkan kesehatan jiwa pasien. Hasil penelitian membuktikan kondisi kesehatan jiwa pasien semakin membaik setelah melakukan terapi agama dengan menggunakan metode: Terapi Iman dan Tauhid, shalat, Dzikir dan Doa. Terbukti pasien tidak mudah putus asa, tidak banyak mengeluh, dan banyak berdzikir kepada Allah Swt.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Terapi Keagamaan; Kesehatan jiwa
Subjects: Miscellaneous Branches of Medicine and Surgery > Rehabilitation
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: siswa pkl 1
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:36
Last Modified: 07 Jul 2023 01:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69929

Actions (login required)

View Item View Item