Pengaruh bimbingan keagamaan terhadap kesakinahan keluarga : Penelitian di Majelis Taklim Mesjid Nurul Huda, Kp. Rancapetir, Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya

Khofifah, Hopi (2023) Pengaruh bimbingan keagamaan terhadap kesakinahan keluarga : Penelitian di Majelis Taklim Mesjid Nurul Huda, Kp. Rancapetir, Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy

Abstract

Kesakinahan keluarga menjadi salah satu tujuan dalam hidup berumah tangga. Keluarga yang sakinah akan menciptakan keluarga yang bahagia, dilingkupi ketenangan dan kedamaian. Namun, di zaman ini begitu banyak permasalahan yang timbul, baik dari internal maupun eksternal. Maka dari itu, diperlukan bimbingan keagamaan sebagai landasan dalam berumah tangga, terkhusus dalam mewujudkan keluarga yang sakinah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bimbingan keagamaan di majelis taklim mesjid Nurul Huda; 2) mengetahui kesakinahan keluarga anggota majelis taklim mesjid Nurul Huda; 3) mengetahui pengaruh bimbingan keagamaan terhadap kesakinahan keluarga di majelis taklim mesjid Nurul Huda, Tasikmalaya. Penelitian ini didasarkan pada kerangka pemikiran bahwasannya bimbingan keagamaan bertujuan membantu manusia memperbaiki keadaan dan kondisi keagamaan agar lebih sesuai dengan ajaran Islam tentang akidah, akhlak, ibadah, serta pembinaan akhlak, moral dan mental. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode model regresi linear sederhana pada program SPSS 29. Analisis regresi dilakukan karena perlu dicarinya pengaruh antara satu variabel X (bimbingan keagamaan) terhadap satu variabel Y (kesakinahan keluarga) pada 60 responden sebagai populasi dan sampel dari anggota majlis taklim Mesjid Nurul Huda. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan studi pustaka dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa bimbingan keagamaan di majelis taklim mesjid Nurul Huda tergolong sangat baik sekali dengan persentase 82%. Kondisi kesakinahan keluarga anggota majelis taklim mesjid Nurul Huda tergolong sangat baik sekali dengan persentase 81%. Dari uji hipotesis, didapat nilai koefisien determinasi sebesar 0,256 artinya 25,6% dari variasi keluarga sakinah bisa dijelaskan oleh variabel bimbingan keagamaan, sedangkan sisanya 100% - 25,6% = 74,4% dapat dijelaskan oleh sebab-sebab lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil analisis regresi menyatakan bahwa bimbingan keagamaan berpengaruh 70,2% terhadap kesakinahan keluarga yang ditunjukkan oleh persamaan kesakinahan keluarga (Y) = 21,310 + 0,702 bimbingan keagamaan (X), artinya bahwa setiap peningkatan bimbingan keagamaan akan meningkatkan kesakinahan keluarga sebesar 0,702. Analisis hipotesis yang dilakukan dengan uji T diperoleh t hitung (4,470) > t tabel (2,00), maka H0 ditolak dan H1 diterima, di mana bimbingan keagamaan benar-benar berpengaruh secara signifikan terhadap kesakinahan keluarga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kesakinahan Keluarga; Majelis Taklim; Mesjid Nurul Huda;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bimbingan Perkawinan BP4
Culture and Institutions > Marriage
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Hopi Khofifah
Date Deposited: 04 Jul 2023 01:21
Last Modified: 04 Jul 2023 01:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69936

Actions (login required)

View Item View Item