Pendekatan Sintaksis (Nahwu) dan Morfologi (Sharaf) dalam penafsiran al-Qur'an : Kajian terhadap surat al-Baqarah ayat 1-20 dalam Tafsir Ma’ani Al-Qur’an Karya Imam al-Akhfas

Anwar, Zaeni (2023) Pendekatan Sintaksis (Nahwu) dan Morfologi (Sharaf) dalam penafsiran al-Qur'an : Kajian terhadap surat al-Baqarah ayat 1-20 dalam Tafsir Ma’ani Al-Qur’an Karya Imam al-Akhfas. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy

Abstract

Al-Qur'an ditulis dengan menggunakan bahasa Arab. Namun kenyataannya, tidak semua orang dapat memahami maknanya secara utuh. Tentu saja, berbagai bidang keilmuan, termasuk ilmu tafsir dan linguistik Al-Qur’an dituntut untuk memahami makna Al-Qur’an. Sehingga, menguasai bahasa Arab mutlak diperlukan untuk memahami isi Al-Qur’an. Untuk memahaminya diperlukan suatu kajian dari ilmu linguistik yaitu sintaksis (nahwu) dan morfologi (sharaf). Dalam halnya ilmu tafsir kedua ilmu ini sangat membantu untuk memahami Al-Qur'an. Diantara ulama tafsir yang kental dengan kebahasaan nya adalah al-Akhfas yang mempunyai karya kitab Tafsir Ma'ani Al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk penafsiran al-Akhfas dalam tafsir Ma’ani Al-Qur’an pada surat al-Baqarah ayat 1-20 dan untuk mengetahui analisis sintaksis (nahwu) dan morfologi (sharaf) pada surat al-Baqarah ayat 1-20 dalam tafsir ma’ani Al-Qur’an karya imam al-Akhfas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif-analitis. Objek formal penelitian ini adalah ilmu tafsir. Sedangkan objek material penelitian ini ialah sintaksis (nahwu) dan morfologi (Sharaf) dalam penafsiran Al-Qur’an. Akan tetapi, ilmu tafsir yang lebih spesifik sebagai objek formal penelitian ini adalah ilmu tafsir yang disistematiskan oleh al-Akhfas dalam karyanya tafsir Ma’ani Al-Qur’an. Dalam hal ini, peneliti berusaha menganalisis dan memahami dari penafsiran al-Akhfas mengenai sintaksis (nahwu) dan morfologi (sharaf), khususnya di surat al-Barah ayat 1-20. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa pada surat al-Baqarah ayat 1-20 dalam tafsir ma’ani Al-Qur’an karya imam al-akhfas terdapat aspek penafsiran dan analisis sintaksis (nahwu) dan morfologi (sharaf). Kesimpulan penelitian ini bahwa ditemukan bahwa dalam penafsiran al-Akhfas terhadap surat al-Baqarah ayat 1-20 terdapat pemahaman yang sangat kental akan kebahasaan nya terutama dalam aspek sintaksis (nahwu) dan morfologi (sharaf). Dengan mempertimbangkan isi kitab tafsir ma’ani Al-Qur’an terhadap surat al-Baqarah ayat 1-20 ada banyak kaidah sintaksis (nahwu) dan morfologi (Sharaf), juga al-Akhfas tidak begitu spesifik dan mendetail membahas aspek tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Al-Akhfas; Ma’ani Al-Qur’an; Morfologi; Nahwu; Sintaksis; Sharaf
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Grammar, Sentences, Syntax, Word Order
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Zaeni Anwar
Date Deposited: 04 Jul 2023 01:33
Last Modified: 04 Jul 2023 01:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69944

Actions (login required)

View Item View Item