Pengaruh intensitas komunikasi orang tua dengan anak terhadap prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian pada siswa kelas XI MAN 2 Kota Bandung

Abdurahman, Asep (2023) Pengaruh intensitas komunikasi orang tua dengan anak terhadap prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian pada siswa kelas XI MAN 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini sesuai dengan fenomena yang terjadi di MAN 2 Kota Bandung yaitu adanya masalah terkait komunikasi antara orang tua dengan anak, hal ini bisa terjadi karena jarangnya interaksi dan komunikasi yang dilakukan oleh orang tua dengan anak maupun sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui intensitas komunikasi orang tua dengan siswa di kelas XI MAN 2 Kota Bandung; (2) mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI MAN 2 Kota Bandung; (3) mengetahui pengaruh intensitas komunikasi orang tua dengan siswa terhadap prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI MAN 2 Kota Bandung. Pemikiran di dalam penelitian ini berdasar kepada pemahaman bahwa prestasi belajar siswa bisa dipengaruhi oleh berbagai macam faktor yang terdapat di luar diri siswa, yang mana salah satunya adalah intensitas komunikasi orang tua dengan anak. Oleh karena itu, hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh intensitas komunikasi orang tua terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas XI MAN 2 Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional, yang mana terdapat 392 populasi dan 98 sampel yang diambil dari 11 rombel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner dan dokumentasi. Pada hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa: (1) intensitas komunikasi orang tua dengan anak di kelas XI MAN 2 Kota Bandung termasuk ke dalam kategori normal, karena nilai Sig yaitu 0,161 lebih besar dari 0,05. Dan terdapat sebesar 92,12% siswa mempunyai nilai yang sangat baik; (2) prestasi belajar anak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI MAN 2 Kota Bandung termasuk ke dalam kategori normal pula, karena nilai Sig yaitu 0,161 lebih besar dari 0,05. Dan terdapat sebesar 91,14% siswa mempunyai nilai yang sangat baik; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara intensitas komunikasi orang tua dengan anak terhadap prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Hal ini bisa dilihat dari hasil uji regresi linear sederhana yang menunjukkan hasil 0,044 ˂ 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Orang Tua; Prestasi Belajar; PAI
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asep Abdurahman
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:59
Last Modified: 04 Jul 2023 02:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69945

Actions (login required)

View Item View Item