Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap jual beli sepatu dengan sistem Live Streamong di aplikasi Tiktok pada akun @Goodmoon_

Ramdhani, Achmad Fauzie (2023) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap jual beli sepatu dengan sistem Live Streamong di aplikasi Tiktok pada akun @Goodmoon_. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (683kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan zaman, tentunya diimbangi dengan perubahan dan berbagai aspek diantaranya teknologi yang semakin canggih dan modern. Tiktok adalah se-buah aplikasi media sosial yang digunakan untuk hiburan dan berbagi informasi kehidupan sehari-hari. Akan tetapi dalam aplikasi tiktok terdapat fitur tiktok shop yang di dalamnya mempermudah dalam berbelanja secara online, selain itu digunakan juga untuk jual beli sepatu. Fitur ini memungkinkan masyarakat untuk bisa melakukan transaksi atau juga jual beli dengan cara yang sangat mudah tanpa harus keluar rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme jual beli sepatu dengan sistem live streaming di aplikasi tiktok pada akun @goodmoon, dan juga untuk mengetahui tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap mekanisme jual beli sepatu dengan sistem live streaming di aplikasi tiktok. Kerangka berfikir penelitian ini adalah transaksi jual beli secara online yang di dalamnya bersinggungan dengan media sosial sebagai salah satu aplikasi yang digunakan. Aplikasi tersebut adalah tiktok shop, dimana transaksi tersebut meru-pakan suatu aktivitas jual beli yang mengunakan sistem siaran langsung pada me-dia tiktok dengan tatap muka, akan tetapi tidak langsung bertemu, tiktok shop ini jual beli seperti pada umumnya, yang menjadi membedakannya hanya tidak ber-temu secara tidak langsung kedua belah pihak yaitu penjual dan pembeli. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis data kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu: sumber data primer yang di-peroleh dari konsumen pembeli sepatu dalam live streaming aplikasi tiktok berupa testimoni konsumen, penjual sepatu live streaming di aplikasi tiktok serta sumber lainnya yang relavan dengan penelitian ini, seperti dokumen, buku-buku, tulisan ilmiah. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan cara : Kepustakaan, lapan-gan dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Mekanisme jual beli yang dilakukan terhadap jual beli sepatu dengan sistem live streaming di ap-likasi tiktok dengan beberapa cara yaitu : membuka tiktok dan melihat didalam siaran langsung tersebut. 2) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah, bahwa di dalam jual beli sepatu dengan sistem Live streaming, di dalam kedudukannya termasuk ke dalam akad salam mana pembayarannya dilakukan diawal kemudian barang akan dikirimkan sesuai ketentuan pihak pengirim. Selanjutnya dalam hak khiyar jual beli tersebut masih ada kekurangan, yaitu kendala ketika barang diterima oleh penerima. Sedangkan khiyar majlis dalam siaran live streaming dengan pembeli masih kurang relavan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli Online; Salam; Khiyar
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Perjanjian dalam Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Achmad Fauzie Ramdhani
Date Deposited: 04 Jul 2023 01:18
Last Modified: 10 Jul 2023 01:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69965

Actions (login required)

View Item View Item