Penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Kipin School 4.0 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas VII SMPI Al Washliyah Bandung

Fazri, Fatimah Azzahra Ramadani (2023) Penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Kipin School 4.0 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas VII SMPI Al Washliyah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (725kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ada di SMPI Al Washliyah Bandung, yaitu mengenai sebagian hasil belajar PAI siswa yang belum mencapai nilai KKM. Hal ini dapat terjadi karena proses pembelajaran yang dilaksanakan hanya menggunakan media pembelajaran konvensional yang berupa buku pegangan siswa dan PPT. Sehingga, salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar PAI siswa ialah dengan menerapkan media pembelajaran berbasis aplikasi Kipin School 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi Kipin School 4.0 pada mata pelajaran PAI; (2) mengetahui proses penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Kipin School 4.0 pada mata pelajaran PAI; (3) mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Kipin School 4.0 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VII SMPI Al Washliyah Bandung. Penelitian ini didasarkan pada gagasan bahwa penggunaan berbagai macam media pembelajaran oleh guru dapat mempengaruhi hasil belajar PAI siswa. Salah satunya ialah dengan menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi Kipin School 4.0. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Kipin School 4.0 terhadap hasil belajar PAI siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun analisis hipotesis pada penelitian ini menggunakan teknik perhitungan uji Independent Sample t-Test, dengan jumlah sampel sebanyak 45 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar PAI siswa di kelas eksperimen sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi Kipin School 4.0 termasuk pada kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 72.05. Begitupun di kelas kontrol, termasuk pada kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 73.48; (2) proses penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Kipin School 4.0 pada mata pelajaran PAI di kelas eksperimen telah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata skor observasi pelaksanaan pembelajaran selama dua pertemuan yaitu sebesar 80.3 % yang termasuk ke dalam kategori baik; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Kipin School 4.0 terhadap hasil belajar PAI siswa di kelas eksperimen. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji Independent Sample t-Test atau uji T yang menunjukkan bahwa Sig. (-2tailed) lebih kecil dari 0.05 atau Sig. (-2tailed) 0.030 < 0.05. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Aplikasi Kipin School 4.0; Hasil belajar
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fatimah Azzahra
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:33
Last Modified: 05 Jul 2023 03:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69994

Actions (login required)

View Item View Item