Analisis soal-soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA/MA bidang kimia tahun 2012 dan 2013 berdasarkan dimensi proses kognitif dan pengetahuan

Sunggarani, Tita (2014) Analisis soal-soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA/MA bidang kimia tahun 2012 dan 2013 berdasarkan dimensi proses kognitif dan pengetahuan. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftarr Isi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)

Abstract

Ilmu kimia sebagai ilmu yang berdasarkan pada penelitian (induktif), seharusnya mampu menyajikan soal yang menantang dan tersebar dalam enam level kognitif, hanya saja kondisi sebenarnya soal-soal kimia masih dibuat tradisional dengan berada pada level kognitif rendah. Soal olimpiade sebagai ajang kompetisi nasional siswa-siswa berprestasi di Indonesia pun belum diketahui level kognitif yang terkandung di dalamnya. Maka tujuan penelitian ini yakni, mendeskripsikan komposisi penyebaran soal terhadap tabel Taksonomi Bloom revisi, mendeskripsikan perbandingan soal OSN dan IChO (International Chemistry Olympiad) pada materi yang sama, dan memetakan soal-soal tersebut terhadap standar kompetensi dan kompetensi dasar SMA/MA. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada tahun 2012 tersebar pada prosedural-mengaplikasikan dan konseptual-memahami. Pada tahun 2013 tersebar pada dimensi proseduralmengaplikasikan dan faktual-memahami. Berdasarkan konten materi dalam satu soal IChO menuntut siswa dapat menemukan keterkaitan suatu materi dengan materi lainnya guna menyelesaikan soal tersebut sedangkan OSN tidak, tetapi keduanya memiliki dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif yang tidak terlalu berbeda yakni pada lingkup prosedural-mengaplikasikan dan proseduralmenganalisis. Hasil pemetaan terhadap SK-KD SMA/MA menunjukkan sebesar setengah dari jumlah ksesluruhan soal dapat dipetakan. Adanya analisis ini diharapkan menjadi masukan bagi guru untuk memberikan penguatan konsep kimia pada pembelajaran, agar siswa mampu mengerjakan berbagai macam soal, salah satunya soal OSN. Penelitian ini masih terbatas pada tahun 2012 dan 2013, sehingga dapat dikembangkan analisis untuk tahun-tahun lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis; Taksonomi Bloom revisi; Dimensi Pengetahuan; Dimensi Proses Kognitif
Subjects: Chemistry and Allied Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: siswa pkl 2
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:29
Last Modified: 07 Jul 2023 02:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70012

Actions (login required)

View Item View Item