Pengaruh pengetahuan investasi dan modal minimal terhadap minat investasi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung : Prodi Manajemen Keuangan Syariah angkatan 2019

Lorenza, Sherlyana (2023) Pengaruh pengetahuan investasi dan modal minimal terhadap minat investasi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung : Prodi Manajemen Keuangan Syariah angkatan 2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

Direktur pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan pertumbuhan terbesar adalah dari investor dibawah usia 25 tahun. Menurut data yang terdaftar di BEI per januari 2021 tercatat jumlah investor baru di tahun ini 50,7% datang dari segmen usia 18 sampai 25 tahun. Banyak generasi milenial dan Gen-z yang terus memasuki pasar modal dan terus berpartisipasi sebagai investor baru atau pemula. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pengetahuan investasi, terhadap minat investasi, kemudia untuk mengetahui pengaruh modal minimal terhadap minat investasi, serta untuk mengetahui pengaruh pengetahuan investasi dan modal minimal secara simultan berpengaruh terhadap minat investasi pada mahasiswa prodi Manajemen Keuangan Syariah angkatan 2019 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Berdasarkan “Theory of planned behavior” menyatakan bahwa sikap individu seseorang akan sangat mempengaruhi minat orang tersebut dalam kemampuannya untuk mengambil keputusan yang akan dilakukan. Dapat dipahami bahwa meningkatnya pengetahuan terhadap investasi yang baik akan berpengaruh terhadap peningkatan minat mahasiswa untuk berinvestasi. serta beberapa perusahaan sekuritas sudah memberlakukan modal minimal Rp. 100.000 dalam pembukaan rekening saham, semakin rendahnya modal yang ditetapkan oleh sekuritas sangat mempengaruhi minat investasi mahasiswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data pada penelitian ini menggunakan data primer dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 192 responden melalui google from dan selanjutnya mengolah data dengan bantuan program SPSS 25. Hasil dari analisis data pada penelitian ini menunjukan pengetahuan investasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi dan modal minimal secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi. Serta pengetahuan investasi dan modal minimal secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap minat investasi. Juga terbukti dalam pengujian koefisien determinasi dengan hasil nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,636 yang berarti pengetahuan investasi dan modal minimal sejauh ini dapat mempengaruhi minat investasi sebesar 63,6% sedangkan sisanya 36,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. hal ini sesuai dengan teori manajemen keuangan syariah yaitu mudharabah, karena semakin banyak orang berminat dalam investasi, maka keuntungan yang diperoleh usaha semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Investasi; Modal Minimal; Minat Investasi
Subjects: Teori of Knowledge
Financial Economics, Finance > Capital
Financial Economics, Finance > Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Sherlyana Lorenza
Date Deposited: 05 Jul 2023 04:23
Last Modified: 05 Jul 2023 04:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70024

Actions (login required)

View Item View Item