Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar pada santri penghafal Al-Quran di Pondok Quran Ujung Berung

Nina, Nina Va (2016) Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar pada santri penghafal Al-Quran di Pondok Quran Ujung Berung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)

Abstract

Penelitian Ini Berawal Dari Ketertarikan Peneliti Melihat Santri Penghafal Al-Quran Yang Menggunakan Berbagai Metode Untuk Menghafal Dan Menghadapi Berbagai Hambatan Dalam Proses Menghafal Dan Menjaga Hafalannya. Mereka Mengungkapkan Menghafal Al-Quran Bukan Hal Yang Mudah, Banyak Hambatan Yang Dihadapi Pada Proses Menghafal Dan Menjaga Hafalan Seperti Jenuh, Semangat Menghafal Menurun, Beban, Pesimis Selain Itu Lingkungan Yang Tidak Mendukung Juga Menjadi Permasalahan. Teman Sebagai Lingkungan Sosial Yang Terdekat Bagi Santri. Untuk Mengetahui Derajat Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Motivasi Belajar Pada Santri Penghfal Al-Quran Di Pondok Quran Ujung Berung, Penelitian Ini Menggunakan Metode Kuantitatif Korelasional. Subjek Berjumlah 52 Santri. Alat Ukur Yang Digunakan Skala Dukungan Sosial Teman Sebaya Berdasarkan Teori Uchino (2004, Dalam Sarafino, 2011) Dan Motivasi Belajar Berdasarkan Teori Johnson & Jhonson (Dalam Suwarni, 2012). Alat Ukur Menggunakan Skala Likert, Dengan Pengolahan Data Menggunakan Uji Rank Spearman. Hipotesis Penelitian Adalah Terdapat Hubungan Positif Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Motivasi Belajar Pada Santri Penghafal Al-Quran Di Pondok Quran Ujung Berung. Berdasarkan Hasil Penelitian Menyatakan Bahwa Sebanyak 25 Santri (48%) Menerima Dukungan Sosial Teman Sebaya Tinggi Sementara 27 Santri (52%) Menerima Dukungan Sosial Teman Sebaya Rendah. Lalu Sebanyak 26 Santri (50%) Memiliki Motivasi Belajar Tinggi Dan 26 Santri (50%) Memiliki Motivasi Belajar Rendah. Kemudian Terdapat Hubungan Positif Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Motivasi Belajar Dengan Nilai Korelasi 0,855 Yang Menurut Guillford Nilai Korelasi Dapat Dikatakan Sangat Tinggi, Sehingga Tingginya Dukungan Sosial Teman Sebaya Berhubungan Dengan Tingginya Motivasi Belajar. Sebaliknya, Rendahnya Dukungan Sosial Teman Sebaya Berhubungan Dengan Rendahnya Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial Teman Sebaya; Motivasi Belajar
Subjects: Islam > Islam and Social Sciences
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: siswa pkl 1
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:08
Last Modified: 05 Jul 2023 03:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70025

Actions (login required)

View Item View Item