Pengaruh Current Ratio (CR), Return On Asset (ROA) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan makanan dan minuman serta perlengkapan rumah tangga yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI): Studi kasus pada PT. Unilever Indonesia Tbk periode 2012-2021

Mardiyana, Risma (2023) Pengaruh Current Ratio (CR), Return On Asset (ROA) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan makanan dan minuman serta perlengkapan rumah tangga yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI): Studi kasus pada PT. Unilever Indonesia Tbk periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (801kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh bervariasinya besaran Dividend Payout Ratio (DPR) Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Serta Perlengkapan Rumah Tangga Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia (BEI). (Studi Kasus Pada PT. Unilever Indonesia Tbk. Periode 2012-2021) yang diduga dipengaruhi oleh Current Ratio (CR), Return On Asset (ROA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial ataupun silmutan dari Current Ratio (CR), Return On Asset (ROA) Terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Serta Perlengkapan Rumah Tangga Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia (BEI). (Studi Kasus Pada PT. Unilever Indonesia Tbk. Periode 2012-2021). Teori yang digunakan dalam penelitian ini teori untuk Current Ratio (CR) dan Return On Asset (ROA) menggunakan teori Kasmir (2008 dan 2013) lalu Dividend Payout Ratio (DPR) menggunakan teori Sudana (2015). Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil mempergunakan Sampling Purposive dimana teknik sampelnya melalui kriteria tertentu. Terdapat 1 perusahaan yang menjadi sampel pada penelitian ini agar dapar memecahkan masalah dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedasitisitas, serta uji autokorelasi dan analisis regresi linear berganda serta pengujian hipotesisnya uji t dan uji f dan koefisien determinasi. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS For Windows Version 25.0. data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan PT. Unilever Indonesia Tbk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) variabel Current Ratio (CR) secara parsial tidak berpengaruh dan signifikansi terhadap Dividend Payout Ratio, hal ini dapat ditunjukkan -t hitung lebih besar dari -t tabel (-0,582 >-2.364) tingkatan signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,579 > 0,05). 2) Return On Asset (ROA) secara parsial berpengaruh negative dan signifikan terhadap Dividend Payout Ratio, hal ini dapat ditunjukkan –t hitung lebih kecil dari -t tabel yaitu (-2.740 <-2.364) dan tingkatan signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,029 < 0,05). 3) Secara silmutan Current Ratio (CR), Return On Asset (ROA) tidak berpengaruh dan signifikan Terhadap Dividend Payout Ratio (DPR), hal ini dapat ditunjukkan f hitung lebih kecil dari f tabel hasil uji F, fhitung < ftabel yaitu (4,004<4,74) dengan tingkat signifikan 0,69 > 0,05. Dengan koefisien determinasi 0,534 bahwa tiga variabel independen berpengaruh 53,4% tetapi sisanya 46,6% dipengaruhinya akibat variabel lain diluar persamaan regresi ini ataupun variabel yang tak diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Return On Asset (ROA); Dividend Payout Ratio (DPR)
Subjects: Administration of Economy > Administration of Industries
Administration of Economy > Administration of Commerce
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Accounting > Private Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Risma Mardiyana
Date Deposited: 05 Jul 2023 00:48
Last Modified: 05 Jul 2023 00:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70038

Actions (login required)

View Item View Item