Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap arisan barang Rumah Tangga di Dusun Parungkadali Desa Karanganyar Kecamatan Klari Kabupaten Karawang

Notari, Paramitha (2023) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap arisan barang Rumah Tangga di Dusun Parungkadali Desa Karanganyar Kecamatan Klari Kabupaten Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan arisan barang rumah tangga di Dusun Parungkadali Desa Karanganyar Kecamatan Klari Kabupaten Karawang merupakan praktik ekonomi yang sudah berjalan sejak 2019 hingga sekarang. Arisan barang rumah tangga ini dijalankan untuk memudahkan masyarakat setempat dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah yang tidak mampu membeli barang rumah tangga secara cash, dan untuk memudahkan para pekerja yang sibuk tidak sempat untuk membeli barang secara langsung ke toko. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan arisan barang rumah tangga di Dusun Parungkadali Desa Karanganyar Kecamatan Klari Kabupaten Karawang, serta (2) bagaimana tinjauan perspektif Hukum Ekonomi Syariah terhadap pelaksanaan arisan barang rumah tangga di Dusun Parungkadali Desa Karanganyar Kecamatan Klari Kabupaten Karawang. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini, menguraikan teori akad dalam Hukum Ekonomi Syariah yang selaras dengan pelaksanaan arisan barang rumah tangga di Dusun Parungkadali Desa Karanganyar Kecamatan Klari Kabupaten Karawang, yaitu akad gardh dan murabahah. Selain itu, dalam suatu transaksi harus berdasarkan pada prinsip-prinsip muamalah, agar tidak melanggar hal-hal yang diharamkan oleh syara". Metode Penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif analisis dengan jenis data kualitatif untuk mendapatkan data secara menyeluruh. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer, dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan Ibu Aminah selaku ketua arisan barang rumah tangga Dusun Parungkadali, serta beberapa anggota arisan barang rumah tangga yaitu Ibu Sri, dan Ibu Warni. Sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai referensi seperti buku, skripsi, jurnal, internet, dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan masalah penelitian. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa, (1) pelaksanaan arisan barang rumah tangga di Dusun Parungkadali terdapat beberapa alur yang dimulai dari pendaftaran hingga waktunya pengundian arisan. (2) Dalam tinjauan akadnya arisan barang rumah tangga di Dusun Parungkadali dinilai sebagai adanya pelaksanaan akad gardh diantara para anggota arisan, dan murabahah diantara ketua arisan dengan anggota arisan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan arisan barang rumah tangga di Dusun Parungkadali telah sesuai dengan perspektif Hukum Ekonomi Syariah tentang akad gardh, dan murahahah sebagai dasar hukum atau perbandingan dengan pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Arisan Barang Rumah Tangga; Qardh; Murabahah
Subjects: Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Customs of People
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Paramitha Notari
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:15
Last Modified: 07 Jul 2023 03:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70071

Actions (login required)

View Item View Item