Pengaruh biaya operasional terhadap kinerja keuangan Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (BAZNAS RI) periode 2012 – 2021

Amalia, Riska (2023) Pengaruh biaya operasional terhadap kinerja keuangan Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (BAZNAS RI) periode 2012 – 2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)

Abstract

Biaya yang dikeluarkan untuk menunjang atau mendukung kegiatan atau aktivitas perusahaan untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan merupakan biaya operasional. Tingginya biaya operasional yang dikeluarkan akan berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Kinerja keuangan merupakan suatu analisis yang dilakukan untuk melihat sejauh mana suatu perusahaan telah melaksanakan dengan menggunakan aturan – aturan pelaksanaan keuangan secara baik dan benar. Kinerja keuangan dilakukan dengan cara mengukur rasio keuangan terlebih dahulu. Rasio hak amil merupakan alat ukur kinerja keuangan yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar dana yang berhasil dihimpun yang dialokasikan untuk dana amil dan Rasio pertumbuhan biaya operasional merupakan alat ukur kinerja keuangan yang digunakan untuk mengukur seberapa efektif dan efisiensinya suatu lembaga zakat dalam mengelola dana yang digunakan untuk kegiatan operasional lembaga. Tujuan dengan adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah biaya operasional berpengaruh terhadap Rasio hak amil Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (BAZNAS RI) Periode 2012 – 2021. Pengaruh biaya operasional terhadap Rasio pertumbuhan biaya operasional Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (BAZNAS RI) Periode 2012 – 2021. Kerangka teori yang digunakan mengacu pada teori yang menjelaskan bahwa biaya operasional berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan, dimana semakin tinggi biaya operasional maka menyebabkan kinerja keuangan menurun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis data deret waktu, analisis asumsi klasik (uji normalitas dan uji linearitas), analisis asosiatif (analisis regresi sederhana dan analisis korelasi parsial), uji hipotesis (uji t parsial). Pengujian dan perhitungan dilakukan menggunakan aplikasi IBM SPSS statistic version 26 dan Excell. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa (1) biaya operasional tidak berpengaruh terhadap rasio hak amil dengan nilai thitung 0,155 < ttabel 2,30600. (2) biaya operasional tidak berpengaruh terhadap rasio pertumbuhan biaya operasional dengan nilai thitung -1,392 < ttabel 2,30600.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Biaya Operasional; Kinerja Keuangan; Rasio Hak Amil; Rasio Pertumbuhan Biaya Operasional
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Cost Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Riska Amalia
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:09
Last Modified: 05 Jul 2023 03:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70073

Actions (login required)

View Item View Item