Pengaruh jumlah pendapatan premi dan hasil investasi terhadap laba pada PT. Prudential Life Assurance (Unit Syariah) periode 2012-2021

Lestari, Sesiany Ayu (2023) Pengaruh jumlah pendapatan premi dan hasil investasi terhadap laba pada PT. Prudential Life Assurance (Unit Syariah) periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy

Abstract

Asuransi syariah merupakan salah satu lembaga keuangan non-bank yang memberikan perlindungan terhadap berbagai macam risiko yang dapat terjadi kapanpun dan dimanapun itu. Asuransi syariah mengutamakan tolong-menolong (tabarru’) antar sesama peserta, serta memberi pola pengembalian bagi hasil atas suatu risiko tertentu melalui investasi dalam bentuk aset (tijarah). PT. Prudential Life Assurance (Unit Syariah) yang digunakan sebagai unit penelitian. Berdasarkan uraian latar belakang diatas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Seberapa besar pengaruh jumlah pendapatan premi secara parsial terhadap laba. (2) Seberapa besar pengaruh hasil investasi secara parsial terhadap laba. (3) Seberapa besar pengaruh jumlah pendapatan premi dan hasil investasi secara simultan terhadap laba. Teori menyatakan bahwa ketika jumlah pendapatan premi dan hasil investasi mengalami kenaikan, maka laba akan ikut mengalami kenaikan. Begitu sebaliknya, ketika jumlah pendapatan premi dan hasil investasi mengalami penurunan, maka laba pun akan ikut mengalami penurunan. Metode yang digunakan ialah analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan data sekunder dari laporan keuangan tahunan periode 2012-2021. Teknik pengumpulan data berdasarkan dokumentasi, kepustakaan, serta browsing. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, korelasi berganda, koefisien determinasi, serta uji hipotesis (uji t dan uji f). Kemudian, pengolahan data dengan menggunakan SPSS for windows version 26.0 serta Microsoft Excel 2016 sebagai penunjang data awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Secara parsial pengaruh jumlah pendapatan premi berpengaruh signifikan terhadap laba perusahaan dengan hasil uji t, thitung 6,572 > ttabel 2,306, hal ini kurang sesuai dengan prinsip tabarru’ dalam manajemen keuangan syariah. (2) Secara parsial pengaruh hasil investasi tidak berpengaruh signifikan terhadap laba perusahaan dengan hasil uji t, thitung 1,880 < ttabel 2,206, ini kurang sesuai dengan prinsip tijarah dalam manajemen keuangan syariah. (3) Secara simultan pengaruh jumlah pendapatan premi dan hasil investasi berpengaruh signifikan terhadap laba perusahaan dengan hasil uji f, fhitung 18,973 > ftabel 4,737, ini sesuai dengan prinsip mudharabah dalam manajemen keuangan syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jumlah Pendapatan Premi; Hasil Investasi; Laba.
Subjects: Financial Economics, Finance
Insurance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Sesiany Ayu Lestari
Date Deposited: 05 Jul 2023 04:41
Last Modified: 05 Jul 2023 04:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70075

Actions (login required)

View Item View Item