Analisis program lelang Toh-Tohan pada dana Wakaf Infak dan Sedekah dalam perspektif hukum ekonomi syariah : Studi kasus di Agnia Care Pondok Pesantren Idrisiyyah Tasikmalaya

Nuradilah, Sarah (2023) Analisis program lelang Toh-Tohan pada dana Wakaf Infak dan Sedekah dalam perspektif hukum ekonomi syariah : Studi kasus di Agnia Care Pondok Pesantren Idrisiyyah Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari melihat adanya sistem pengumpulan wakaf, infak dan sedekah dengan cara yang berbeda karena menggunakan sistem lelang. Program lelang toh-tohan merupakan bagian dari tradisi (‘urf) yang terjadi di Pondok Pesantren Idrisiyyah Tasikmalaya, program tersebut dilaksanakan pada hari besar Islam yang dinamai dengan acara Qini Nasional. Dalam program tersebut terdapat praktik jual beli barang hasil perolehan lelang yang berasal dari wakaf, infak dan sedekah. sehingga penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji praktik jual beli pada hasil wakaf, infak dan sedekah yang dikumpulkan dalam program lelang toh-tohan, serta untuk mengetahui analisis Hukum Ekonomi Syariah terhadap pelaksanaan program lelang toh-tohan. Kerangka berfikir pada penelitian ini menggabungkan konsep maslahah mursalah dan ‘urf yang terdapat dalam praktik jual beli barang hasil lelang toh-tohan yang berasal dari wakaf, infak dan sedekah. Penggunaan Maslahah mursalah berfokus pada kemaslahatan pendistribusian dana hasil lelang sedangkan penggunaan ‘urf memberikan landasan dan panduan dalam melaksanakan lelang toh-tohan yang terjadi di lingkungan masyarakat sekitar. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang diungkapkan dengan gambaran dan uraian terkait kasus yang diamati. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif, dengan menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dan observasi di Agnia Care, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, artikel, skripsi serta situs internet yang berkaitan dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa praktik jual beli pada program lelang toh-tohan lebih mendekati pada praktik jual beli tawar-menawar atau jual beli biasa (ba’i musawwamah) dibandingkan dengan jual beli dengan sistem lelang (ba’i muzayyadah). Pada praktiknya jual beli hasil lelang toh-tohan ini telah sesuai dengan syarat dan rukun jual beli maupun lelang, akan tetapi pengalihan manfaat wakaf dengan cara dijual merupakan hal yang dilarang dalam Islam dan Undang-undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf. Pengalihan manfaat wakaf tersebut dapat dikategorikan sebagai pengalihan bentuk kemaslahatan sehingga pendistribusian dana perolehan dari lelang toh-tohan yang berasal dari wakaf, infak dan sedekah dianggap sebagai kemaslahatan yang didasarkan kepada maslahah mursalah, dimana penetapan hukum tersebut dianggap tepat dalam memastikan manfaat yang optimal dari adanya program lelang toh-tohan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jual beli; Lelang; Maslahah mursalah; urf
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Usul Fikih
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Private Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Sarah Nuradilah
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:14
Last Modified: 07 Jul 2023 03:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70088

Actions (login required)

View Item View Item