Implementasi sistem informasi akuntansi pembiayaan mudharabah pada BMT Talaga Majalengka berdasarkan prinsip akuntansi syari'ah

Sutardi, Natasya Ekatama (2023) Implementasi sistem informasi akuntansi pembiayaan mudharabah pada BMT Talaga Majalengka berdasarkan prinsip akuntansi syari'ah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy

Abstract

Sistem informasi akuntansi pembiayaan, kegiatan pembiayaan di dalam sebuah perusahaan bisa dilakukan sebaik mungkin. Selain hal itu, dengan adanya sebuah sistem informasi akuntansi pembiayaan yang bagus juga, pada BMT Talaga sudah menerapkan prinsip akuntansi, yang dilandasi dengan prinsip pertanggungjawaban, kebenaran dan keadilan. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan mengalisis mekanisme pelaksanaan sistem informasi akuntansi pembiayaan mudharabah pada BMT Talaga Majalengka. Untuk mengetahui dan mengalisis penerapan sistem informasi akuntansi pembiayaan mudhrabah pada BMT Talaga Majalengka telah dilakukan berdasarkan prinsip akuntansi syari’ah. Untuk mengetahui dan mengalisis hambatan apa saja yang timbul pada pelaksanaan pembiayaan mudharabah pada BMT Talaga Majalengka. Sistem informasi akuntansi adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, menggolongkan, mengolah, menganalisa, dan komunikasikan informasi keuangan yang relevan untuk pengambilan keputusan kepada pihak- pihak luar seperti inspeksi pajak, investor dan kreditor serta pihak- pihak dalam terutama menejemen. Sedangkan pembiayaan mudharabah bentuk kerja sama antara dua atau lebih pihak di mana pemilik modal kepada pengelola (mudharib) dengan suatu perjanjian pembagian keuntungan. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, penggunaan data kualitatif yaitu berupa hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menggunakan metode tanya jawab untuk mendapatkan informasi tertentu mengenai apa yang dikehendaki, dengan cara menggali informasi serta melihat kenyataan yang terjadi dilapangan sehingga dapat diperoleh informasi yang relevan dan andal. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa 1) sistem informasi akuntannsi pembiayaan mudharabah telah diterapkan pada BMT Talaga Majalengka, 2) sistem informasi akuntansi pembiayaan mudharabah padat BMT Talaga telah berdasarkan prinsip akuntansi syari’ah 3) sistem informasi akuntansi pembiayaan mudharabah berdasarkan prinsip akuntansi syari’ah memiliki hambatan pada proses pelaksaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: sistem informasi akuntansi; pembiayaan mudharabah; prinsip akuntansi syari'ah;
Subjects: Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Natasya Ekatama Sutardi
Date Deposited: 06 Jul 2023 05:19
Last Modified: 06 Jul 2023 05:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70198

Actions (login required)

View Item View Item