Cashback Shopee dalam tinjauan Fiqh Tabarru

Zulkarnain, Salsabilla Jasandra Fitricya (2023) Cashback Shopee dalam tinjauan Fiqh Tabarru. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari banyaknya masyarakat yang menggunakan aplikasi shopee untuk melakukan jual beli online, Shopee merupakan salah satu E-Commerce yang merupakan suatu wadah bagi masyarakat dalam melakukan jual beli secara online. Shopee juga merupakan salah satu aplikasi belanja online yang banyak diminati oleh masyarakat karena banyaknya fitur-fitur yang ditawarkan salah satunya yaitu fitur cashback shopee berupa coin shopee yang diberikan kepada masyarakat, dan tidak sedikit pula dari masyarakat yang banyak mengincar fitur ini, karena masyarakat merasakan keuntungan ketika memakai cashback pada transaksi yang dilakukan. Maka dari itu itu adanya penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana penggunaan cashback dalam jual beli online yang dilakukan pada platform shopee serta bagaimana analisis fiqh tabarru terhadap penggunaan cashback dalam jual beli online yang dilakukan pada platform shopee Kerangka berfikir pada penelitian ini berisikan bagimana penggunaan cashback pada jual beli online dan bagaimana analisis fiqh tabarru terhadap cashback shopee, serta terdapat akah hibah dan juga hadiah yang akan dibahas dalam penelitian ini. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu deskriptif analisis, dimana penelitian yang dilakukan penulis dengan cara pengumpulan data melalui wawancara terstruktur yang mana penulis telah menyiapkan beberapa pertanyaan kepada narasumber untuk memperolah data mengenai penggunaan cashback dalam jual beli online pada platform shopee. Hasil Penelitian menunjukan bahwa cashback merupaka sebuah hadiah yang diberikan kepada konsumen dikarenakan konsumen telah melakukan transaksi pada salah satu toko online yang menerapkan fitur cashback. Ditinjau dari hasil analisis fiqh tabarru terhadap penggunaan cashback dalam jual online bahwa cashback merupakan bukan termasuk kedalam hibah yang mana hibah dalam fiqh tabarru merupakan pemberian secara cuma-cuma yang dilakukan dengan tidak adanya pengharapan sebuah imbalan. Seperti yang dijelaskan dalam Pasal 1666 KUHPerdata hibah merupakan penyerahan secara cuma-cuma suatu benda dari pemberi ketika masih hidup kepada si penerima. Maka dari itu cashback hanya termasuk kepada hadiah yang diberikan pihak shopee kepada pengguna tetapi tidak termasuk kepada hibah karena tidak diberikan secara cuma-Cuma.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hibah; E-Commerce; Cashback; Shopee; Jual Beli Online
Subjects: Special Computer Methods > Online Social Network
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Salsabilla Jasandra Fitricya Zulkarnain
Date Deposited: 10 Jul 2023 00:35
Last Modified: 10 Jul 2023 00:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70228

Actions (login required)

View Item View Item