Pengaruh manajemen program Tahfidz Al-Qur'an terhadap pembentukan karakter religius siswa : Penelitian pada madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten Tasikmalaya

Rahmat, Ipan (2023) Pengaruh manajemen program Tahfidz Al-Qur'an terhadap pembentukan karakter religius siswa : Penelitian pada madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_caver.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah alat untuk memajukan peradaban, mengembangkan masyarakat dan mempersiapkan generasi yang mampu berbuat banyak untuk kemaslahatan umat manusia. Manajemen pendidikan Islam merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas kehidupan umat dari keterbelakangan, baik secara moral, materi, dan spiritual. Dengan adanya manajemen program tahfidz al-Qur’an ini, diharapkan bisa membentuk karakter religius siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen program tahfidz al-Qur’an di MTs Negeri se-Kabupaten Tasikmalaya, untuk mengetahui bagaimana pembentukan karakter religius siswa di MTs Negeri se-Kabupaten Tasikmalaya, untuk mendeskripsikan pengaruh manajemen program tahfidz al-Qur’an terhadap pembentukan karakter religius siswa di MTs Negeri se-Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode Ex Post Fecto dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan terhadap 96 siswa/i. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuesioner. Analisis data dilakukan dengan tahapan analisis instrumen (validitas dan realibilitas), analisis parsial per indikator (uji reliabilitas variabel X dan uji realitas variabel Y), analisis asumsi klasik (linieritas dan normalitas), uji korelasi, analisis koefisien determinasi, dan analisis regresi linear sederhana, uji hipotesis (uji F dan uji T). Hasil penelitian ini menunjukan pengaruh manajemen program tahfidz al-Qur’an terhadap pembentukan karakter religius di Madrasah Tsanawiyah negeri se-Kabupaten Tasikmalaya memperoleh nilai 0,001 < 0,05 yang artinya bahwa hubungan manajemen program tahfidz al-Qur’an dan karakter religius terdapat korelasi atau hubungan. Kemudian koefisien korelasi yang diperoleh yaitu 0,482 yang artinya bahwa variabel X dengan variabel Y memiliki korelasi dengan derajat hubungan pada tingkat kekuatan yang “Cukup” karena berada pada kategori 0,40 s/d 0,60 dan bentuk hubungannya positif. Dikatakan positif karena apabila program tahfidz al-Qur’an termanage dengan baik, maka karakter religius akan terbentuk di dalam diri siswa. Kemudian koefisien korelasi (R Square) sebagaimana pada tabel 4.17 menunjukan pada angka sebesar 0,232 yang artinya bahwa pengaruh variabel X (manajemen program tahfidz al-Qur’an) terhadap variabel Y (pembentukan karakter religius) sebesar 23,2% sedangkan 76,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Karakter Religius; Manajemen; Pengaruh; Program; Tahfidz al-Qur’an;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
General Management > Project Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ipan Rahmat
Date Deposited: 06 Jul 2023 05:57
Last Modified: 06 Jul 2023 05:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70240

Actions (login required)

View Item View Item