Peran terapi zikir Qodiriyah Wa Naqsabandiyah terhadap kesehatan mental: Studi deskriptif pada santri pondok pesantren Darul A'mal Metro Lampung

Rosidah, Siti (2023) Peran terapi zikir Qodiriyah Wa Naqsabandiyah terhadap kesehatan mental: Studi deskriptif pada santri pondok pesantren Darul A'mal Metro Lampung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan zaman selalu berdampingan dengan kemajuan teknologi yang menuntut semua masyarakat, termasuk santri harus peka dalam merespon revolusi teknologi. Perkembangan zaman yang begitu pesat dan tidak mengenal moral ini, memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan manusia, adapun baik atau buruknya dampak tersebut, tergantung dari kesiapan manusia itu sendiri. Oleh karenanya, untuk menghadapi tantangan yang baru dan lebih besar, manusia perlu menyiapkan diri dan terus memperbaiki pikiran dan hati yang rusak dengan ilmu pengetahuan, terlebih untuk santri dan generasi muda lainnya yang dituntut untuk sehat secara mental dalam mengatasi berbagai problematika kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran terapi zikir Qodiriyah wa Naqsabandiyah terhadap kesehatan mental santri di pondok pesantren Darul A‟mal Metro Lampung. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menerapkan data literatur dan data lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran terapi zikir Qodiriyah wa Naqsabandiyah terhadap kesehatan mental santri di pondok pesantren Darul A‟mal sangat mempengaruhi kondisi kesehatan mental santri, baik dari aspek fisik, psikis, sosial, maupun aspek moral religius. Sehingga permasalahan mental yang santri alami, seperti rasa cemas, tidak percaya diri, tekanan hidup, bahkan permasalahan kesehatan fisik dapat berkurang secara perlahan. Adapun metode zikir Qodiriyah wa Naqsabandiyah yang biasa diamalkan oleh santri di pondok pesantren ini adalah zikir jahr dan zikir sirri yang dilakukan secara konsisten setiap selesai salat fardhu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Zikir; Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah; Kesehatan Mental
Subjects: Islam > Dhikr, Qiblah
Social Welfare, Problems and Services > Services of Mental Illness
Education > Psychology of Education
Personal Health, Hygiene > Special Topics of Health and Safety
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Siti Rosyidah
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:19
Last Modified: 06 Jul 2023 08:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70252

Actions (login required)

View Item View Item