Analisis penyelesaian sengketa kredit macet pada produk pembiayaan murabahah di KSPPS Tunas Artha Mandiri (TAM) Syariah cabang Garut

Novitasari, Indah (2023) Analisis penyelesaian sengketa kredit macet pada produk pembiayaan murabahah di KSPPS Tunas Artha Mandiri (TAM) Syariah cabang Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai prosedur pada akad murabahah di KSPPS TAM cabang Garut, faktor penyebab kredit macet di KSPPS TAM dan penyelesaian sengketa kredit macet pada produk pembiayaan murabahah. Dalam situasi dan kondisi yang didapat dari KSPPS TAM. Karena pada prakteknya banyak dijumpai cidera/wanprestasi yang dilakukan oleh pihak anggota/nasabah yang tidak melaksanakan kewajibannya terhadap pihak KSPPS sesuai perjanjian yang telah disepakati sebelumnya, sehingga terjadi pembiayaan bermasalah. Risiko ini muncul jika KSPPS tidak mendapatkan Kembali cicilan pokok ataupun margin/keuntungan yang diperoleh dari pembiayaan atau investasi yang diberikan. Rumusan penelitian ini adalah; Bagaimana cara penyelesaian sengketa kredit macet pada produk pembiayaan murabahah di KSPPS Tunas Artha Mandiri (TAM) Syariah Cabang Garut? Dan Bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap penyelesaian sengketa kredit macet pada produk pembiayaan murabahah di KSPPS Tunas Artha Mandiri (TAM) Syariah Cabang Garut? Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui cara penyelesaian sengketa kredit macet pada produk pembiayaan murabahah di KSPPS Tunas Artha Mandiri cabang Garut dan mendeskripsikan tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap penyelesaian sengketa kredit macet pada produk pembiayaan murabahah. KSPPS Tunas Artha Mandiri (TAM) Syariah Cabang Garut dihadapkan problematika pada pembiayaan bermasalah atau Non-Performing Financing. Pembiayaan bermasalah atau Non-Performing Financing merupakan penyaluran dana oleh lembaga syariah, dimana dalam pelaksanaan pembayaran tidak memenuhi persyaratan yang diperjanjikan, serta tidak menepati jadwal angsuran hingga memberikan dampak yang merugikan. Skripsi ini menggunakan metode deksripstif analisi dengan pendekatan yuridis empiris dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Salah satunya penyelesaian pembiayaan bermasalah pada akad murabahah yang diterapkan di KSPPS TAM dilakukan telah sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia No.13/9/PBI/2011 tentang restrukturisasi pembiayaan bermasalah dengan tindakan rescheduling, reconditioning dan restructuring. Penerapan yang dilakukan dalam penyelesaian pembiayaan bermasalah pada akad murabahah dilakukan dengan beberapa syarat. Dan KSPPS TAM dalam penanganan pembiayaan bermasalah pada akad murabahah sudah menerapkan konsep Islam atau prinsip-prinsip Syariah dan Fatwa-fatwa DSN-MUI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: murabahah; sengketa; koperasi
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Indah Novita Sari
Date Deposited: 06 Jul 2023 05:44
Last Modified: 06 Jul 2023 05:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70257

Actions (login required)

View Item View Item