Konsep Birrul Walidain dalam Al-Qur'an : Studi komparatif atas tafsir Al-Maraghi dan tafsir Ali Ash-Shabuni

Sholihat, Novi Nur (2023) Konsep Birrul Walidain dalam Al-Qur'an : Studi komparatif atas tafsir Al-Maraghi dan tafsir Ali Ash-Shabuni. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (779kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy

Abstract

Sekarang ini banyak dijumpai kasus krisis moral anak terhadap kedua orang tua, begitu sering terdengar tentang kedurhakaan anak kepada orang tua. Seiring dengan perkembangan zaman, seringkali anak terpengaruh oleh pergaulan, sehingga menjadikan anak tidak patuh kepada perintah orang tua, tidak berperilaku sopan, dan sering membuat orang tua sakit hati. Secara garis besar, penelitian ini membahas mengenai Birrul Walidain dalam Al-Qur’an pada kitab tafsir Al-Maraghi karya Ahmad Musthafa Al-Maraghi dan kitab tafsir Shafwatut Tafasir karya Muhammad Ali Ash-Shabuni. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan Birrul Walidain dalam Al-Qur’an. Hal tersebut dapat diketahui dengan penelusuran ayat yang berkaitan dengan Birrul Walidain, kemudian dilanjutkan dengan pencarian dan penelitian terhadap tafsir Al-Maraghi dan tafsir Shafwatut Tafasir. Penelitian yang penulis lakukan termasuk ke dalam kategori penelitian kualitatif dengan pendekatan library research (studi pustaka). Sumber utama dalam penelitian ini adalah ayat-ayat Al-Qur’an yang membahas mengenai Birrul Walidain, tafsir Al-Maraghi karya Ahmad Musthafa Al-Maraghi, dan tafsir Shafwatut Tafasir karya Muhammad Ali Ash-Shabuni. Adapun sumber pendukung pada penelitian ini adalah kitab-kitab, buku-buku, dan karya tulis ilmiah yang membahas mengenai Birrul Walidain. Setelah melakukan penelitian, penulis menarik kesimpulan bahwa Birrul Walidain pada tafsir Al-Maraghi dan tafsir Shafwatut Tafasir adalah berlaku baik terhadap kedua orang tua, dengan cara mengasihi keduanya serta memelihara keduanya dengan baik dan benar, serta menuruti segala kemauan keduanya selagi tidak bertentangan dengan perintah-perintah Allah. Sebab kedua orang tua adalah penyebab lahir dan adanya anak. Karena kebaikan kedua orang tua mencapai puncak, maka kebaikan anak kepada orang tua juga harus demikian. Karena ridho Allah SWT ada pada Ridho kedua orang tua dan murka Allah SWT ada pada murka orang tua. Karakter Al-Maraghi dalam menafsirkan ayat-ayat tentang birrul walidain lebih kepada pembalasan jasa dan jerih payah orang tua terhadap anak sehingga anak harus melaksanakan birrul walidain. Sedangkan Ali Ash-Shabuni dalam pelaksanaan birrul walidain, bahwa seorang anak memang seharusnya berbuat baik kepada orang tuanya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Al-Maraghi; Birrul Walidain; Shafwatut Tafasir
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Novi Nur Sholihat
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:36
Last Modified: 06 Jul 2023 07:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70258

Actions (login required)

View Item View Item